Ponorogo

Dishub Ponorogo Belum Berniat Tambah Armada ACS

Pengembangan ACS Sesuaikan Postur APBD

PONOROGO, Radar Ponorogo – Animo pelajar Ponorogo menggunakan armada angkutan cerdas sekolah (ACS) terbilang tinggi. Meski begitu, pemkab setempat memastikan hingga tahun depan belum berencana melakukan penambahan armada. ‘’Yang ada kenaikan upah untuk sopir,’’ kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Djunaidi Kamis (14/11).

Djunaidi menyebut, saat ini terdapat 43 unit ACS. Puluhan armada itu melayani 26 trayek. Dari jumlah itu, ada yang mendapatkan trayek baru lantaran target penumpang tidak terpenuhi. Di antaranya, rute yang melewati Masjid Jami’ Ponorogo.

Dia menambahkan, program ACS di Ponorogo dinilai berhasil. Karena itu, kucuran dana untuk meningkatkan pelayanan meningkat signifikan. Jika pada peluncuran pertama 2017 lalu hanya Rp 800 juta, tahun ini naik menjadi Rp 1,4 miliar. ‘’Pengembangan program ACS menyesuaikan postur APBD. Karena yang di-cover APBD kan tidak hanya layanan angkutan gratis, tapi banyak sektor lain,’’ tuturnya.

Anggita Catra, siswi salah satu SMP negeri di Ponorogo kota, mengaku biasa berangkat dan pulang sekolah menggunakan ACS. Meski kadang terpaksa duduk di pintu masuk kendaraan, dia mengaku nyaman. ‘’Memang sedikit sempit,’’ ungkapnya. (dil/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close