Dishub Perlu Kaji Penataan Parkir Ideal

86

PONOROGO – Memindah ribuan pedagang dari tiga simpul pasar ke sebuah lokasi baru jelas tidak mudah. Persoalan parkir juga perlu ditata mengingat pasar sementara akan menjadi titik temu ribuan orang setiap harinya.

Kepala Dishub Ponorogo Djunaedi tak menampik lahan parkir di pasar sementara terbatas. Kesiapan lahan yang ada pun tidak sebanding dengan besarnya gelombang pedagang yang bakal datang. ‘’Perlu dikaji bagaimana penataan yang ideal,’’ katanya.

Sedikitnya 2.026 pedagang dari Pasar Legi, pasar eks stasiun, dan pengadilan diboyong ke pasar sementara yang menempati lahan bekas RSUD. Pasar senilai Rp 6,8 miliar di Jalan Cipto Mangunkusumo itu sejatinya tidak begitu luas. Diklaim mampu mengakomodir seluruh pedagang dari tiga simpul pasar. Faktanya, kajian penataan lokasi parkir pengunjung dan pedagang bahkan belum terselesaikan. Djunaedi mengutarakan sejumlah opsi. ‘’Salah satu opsinya, jalan sepanjang pasar (Cipto Mangunkusumo) sebelah timur roda dua, barat roda empat. Kalau memungkinkan,’’ ujarnya.

Opsi lainnya memanfaatkan lahan-lahan kosong di sekitar Jalan Cipto Mangunkusumo. Ada opsi melibatkan warga yang memiliki lahan cukup luas sebagai lahan parkir. Atau, memanfaatkan sebagian lahan kosong di pasar. Keluar-masuk kendaraan bongkar muat juga harus dipikirkan. Termasuk pedagang obrokan yang kemungkinan berjualan dengan kendaraan. ‘’Ini belum kami tentukan apakah hanya boleh untuk drop out (bongkar muat barang) atau juga diperbolehkan berjualan,’’ tutur Djunaedi.

Dishub juga mengantisipasi penumpukan kendaraan yang parkir di tepi jalan. Jika itu sampai terjadi, tentu memerlukan rekayasa pengalihan arus lalu lintas. Seperti kepadatan jam sekolah. ‘’Mereka (pelajar, Red) bisa melalui pabrik es (Letjend S. Parman). Skenario yang kami siapkan, menyeleksi yang melalui jalan pasar. Sepanjang tidak berkepentingan ke pasar, dialihkan,’’ terangnya.

Djunaedi buru-buru menyebut akan ada sejumlah imbas yang dirasakan masyarakat sekitar. Terlepas apa pun keputusan penataan parkir yang dipilih dishub. ‘’Nanti, ketika pedagang sudah masuk semua, akan dilihat lagi seperti apa kondisi di lapangan,’’ jelasnya. (naz/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here