Ngawi

Dishub Ngawi Belum Ada Rencana Tambah Armada ASG

Pengguna ASG Mayoritas Siswa SMP

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Program angkutan sekolah gratis (ASG) dipastikan masih jalan tahun depan. Pemkab mengklaim telah mengusulkan anggarannya di APBD 2020. ‘’Nilai pastinya saya lupa, kalau tidak salah sekitar Rp 1 miliar,’’ kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Ngawi Rahmad Didik Purwanto Rabu (4/12).

Program ASG sengaja dipertahankan karena dinilai efektif untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas (laka lantas) di kalangan pelajar. Setidaknya, sejak diluncurkan Oktober lalu banyak pelajar tingkat SMP yang memanfaatkan ASG. ‘’Kami sudah lakukan evaluasi, positif,’’ sebut Didik.

Meski respons kalangan pelajar positif, Didik memastikan belum ada rencana penambahan armada ASG. Saat ini jumlah armada ASG yang dioperasikan dishub sebanyak 22 dengan melayani delapan trayek. ‘’Kendalanya (pengadaan armada baru) di anggaran,’’ ungkapnya.

Didik menambahkan, sistem zonasi pada penerimaan peserta didik baru (PPDB) jenjang SMP bakal memengaruhi peta penggunaan ASG. ‘’Selama ini yang paling banyak memanfaatkan ASG siswa kelas VIII dan IX. Yang kelas VII tidak karena tinggalnya tidak jauh dari sekolah,’’ paparnya.

Sedangkan pelajar SLTA, menurut Didik, mayoritas sudah menggunakan sepeda motor. Pun, sebagian sudah cukup umur untuk mengendarai motor sehingga tidak membutuhkan ASG. ‘’Mudah-mudahan saja sistem zonasi itu bisa berjalan efektif sehingga permasalahan anak SMP yang naik sepeda motor bisa diselesaikan tanpa program ASG ini,’’ harapnya. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close