AdvertorialMagetan

Disdukcapil Magetan Jemput Bola Rekam Data Adminduk

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Magetan terus berusaha menuntaskan perekaman data administrasi kependudukan (adminduk). Salah satunya langsung jemput bola ke desa-desa. Jumat lalu (9/8), perekaman dan pencatatan dilakukan di Dusun Wonomulyo, Desa Genilangit, Kecamatan Poncol.

Warga langsung memenuhi lokasi perekaman begitu petugas disdukcapil membuka stan di balai Dusun Wonomulyo. Mereka menunggu untuk melakukan perekaman e-KTP dan pencatatan dokumen adminduk lainnya. Seperti mengurus kartu identitas anak (KIA), kartu kematian, serta pembaruan kartu keluarga (KK). ‘’Kami selalu memanfaatkan acara sambang desa seperti ini untuk memberikan layanan jemput bola. Masyarakat tidak perlu datang ke kantor,’’ kata Kepala Disdukcapil Magetan Hermawan.

Meski begitu, hasil pencatatan adminduk itu tidak bisa langsung jadi. Sebab, pelayanan dilakukan dengan sistem offline. Petugas disdukcapil hanya melakukan pencatatan. Selanjutnya, berkas persyaratan yang telah dikumpulkan masyarakat akan diproses di kantor disdukcapil. ‘’Kalau sudah jadi, tim kami akan mengantar langsung dokumen kependudukan tersebut ke Wonomulyo. Masyarakat tidak perlu mengambil,’’ terangnya.

Tercatat ada enam warga yang mengurus akta kelahiran anak mereka. Sementara yang mengurus pembuatan dan pembaruan KK ada 16 warga dan yang melakukan perekaman e-KTP ada 38 warga. ‘’Banyak alasan yang membuat masyarakat itu baru mengurus data kependudukan mereka. Salah satunya adalah kesadaran yang masih rendah. Masyarakat kan bermacam-macam, kami melayani saja,’’ jelasnya.

Dia berharap dengan adanya layanan jemput bola ke desa-dea itu dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya data kependudukan. ‘’Dengan memiliki dokumen kependudukan, dapat mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan publik seperti pelayanan kesehatan,’’ pungkasnya. (ebo/bel/c1/her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close