Magetan

Diperkirakan Harga Cabai Stabil Tinggi sampai Musim Kemarau Berakhir

MAGETAN – Musim kemarau menyebabkan sejumlah harga komoditas bahan pokok naik di tingkat pasar. Kenaikan yang cukup signifikan adalah cabai, yaitu 100 persen. Saat ini, harga cabai sekitar Rp 60 ribu per kilogram. Sementara harga normalnya antara Rp 20 ribu sampai Rp 25 ribu per kilogram.

Suharti, seorang pedagang sembako di Pasar Sayur Magetan, mengatakan, karena harga jualnya anjlok bulan lalu, para petani cabai rawit cenderung mengabaikan tanaman mereka. Akibatnya, banyak tanaman yang mati. Suplai ke pengepul pun berkurang. Maka, harga cabai rawit melonjak sekarang. Di tingkat petani, harganya menembus Rp 40 ribu per kilogram. ‘’Di pasar, tembus Rp 55 ribu hingga Rp 60 ribu,’’ katanya Minggu (14/7).

Menurutnya, harga cabai rawit tidak akan naik terlalu tajam dari posisi sekarang. Tapi, sambil menunggu peralihan musim dan panenan, harga cabai akan tetap tinggi. ‘’Hampir setiap hari ada kenaikan rata-rata Rp 2 ribu hingga Rp 5 ribu,‘’ ujar Suharti.

Plt Kepala Dinas Perdagangan Magetan Sucipto mengatakan, harga bahan pangan memang naik. Penyebabnya hasil panen yang tidak optimal sehingga barang di pasar terbatas.

Sucipto menyebut, kenaikan harga masih terbilang normal. Dia membandingkannya dengan awal 2017. Saat itu harga cabai rawit menembus angka Rp 70 ribu per kilogram. ’’Bahkan, banyak cabai rawit impor yang masuk ke pasar,’’ ujarnya. (mgc/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close