Diparkir di Depan Toko, Scoopy Raib

150

PACITAN – Astin pusing tujuh keliling. Penyebabnya, motor pedagang di Pasar Minulyo, Baleharjo, Pacitan, itu hilang. Padahal, Honda Scoopy AE 5395 XZ itu diparkir di depan toko saudaranya. ‘’Sehari-hari parkirnya di sini, di depan toko baju saudara saya. Sehingga bisa dilihat banyak orang,’’ katanya sembari menunjukkan lokasi parkir di sebelah selatan Pasar Minulyo itu.

Raibnya kendaraan berkelir hitam-putih itu baru disadari Astin saat hendak menjemput anaknya pulang sekolah sekitar pukul 11.00 kemarin (18/3). Warga Baleharjo, Pacitan, itu semula menduga kendaraan dipakai saudara. Bagai disambar petir ketika mendapati kunci kontak di tas yang dibawanya. ‘’Saya cari di sekitar pasar, tanya penjaga karcis depan dan samping. Tak ada yang tahu,’’ ujarnya.

Padahal, kondisi pasar ramai dan diparkir di depan toko. Namun, tak satu pun yang menyadari aksi pencurian sepeda motor yang dibeli dua tahun lalu itu. Dia menduga pencuri telah lama mengincar motornya. Pasalnya, sebulan lalu tas yang ditinggal di kios baju miliknya juga raib. Di tas itu terdapat kunci kontak motor dan surat kendaraan. ‘’Saat itu kunci cadangan ditas hilang, mungkin pelakunya sama,’’ duganya.

Astin tidak menyangka bakal kehilangan sepeda motor yang sehari-hari dipakai ke pasar. Apalagi, sebelumnya dia sudah sering memarkir motornya di lokasi yang sama. Dia berharap lekas ditemukan. ‘’Sudah lapor (polisi, Red),’’ tuturnya.

Akibat kejadian tersebut, pedagang lainnya pun resah. Mereka khawatir aksi serupa bakal kembali terjadi di pasar tradisional tersebut. Meski baru kali pertama, namun beberapa waktu lalu beberapa barang pedagang digondol maling. ‘’Kemarin baju juga ada yang hilang, sekarang motor,’’ kata Samuri, pedagang lainnya.

Samuri berharap ada peningkatan keamanan pasar. Pasalnya, meski buka dari pukul 02.00 hingga 22.00, namun tak ada petugas keamanan di sekitar Pasar Minulyo. Pun lokasi tersebut minim kamera pengintai CCTV walaupun kondisi pasar tak pernah sepi. ‘’Yang ada hanya petugas karcis tiket masuk di depan dan samping,’’ jelasnya. (mg6/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here