AdvertorialMagetan

Dinsos Kabupaten Magetan Pastikan BPNT Tepat Sasaran

MAGETAN – Sasaran penerima bantuan pangan non tunai (BPNT) menjadi perhatian serius Dinsos Magetan. Karena itu mereka sengaja melibatkan kejaksaan, polres, bappeda, pihak kecamatan dan pemerintah desa (pemdes) dalam proses penyaluran bantuan tersebut. ‘’Untuk mensinergikan tugas dan tanggungjawab seluruh komponen pemangku kepentingan dalam pelaksanaan BPNT,’’ terang Kepala Dinsos Magetan, Sucipto Rabu (26/6).

Tahapan itu dilalui dengan menggelar rapat koordinasi lintas sektor di gedung HCS Magetan. Tujuannya meminimalisir kesalahan dan mengurai permasalahan yang dimungkinkan terjadi saat proses penyaluran BPNT. ‘’Sehingga pembagian BPNT ini bisa benar-benar tepat sasaran. Karena tujuan utama dari BPNT ini adalah untuk mengurangi angka kemiskinan,’’ jelasnya.

Meski begitu, Sucipto menyebut bantuan itu bukan bersifat memanjakan warga kurang mampu. Sebaliknya, BPNT sebagai stimulan agar para keluarga penerima manfaat (KPM) tersebut bisa keluar dari garis kemiskinan. ‘’Yang jelas, harus tepat sasaran. Tidak lagi dibagi rata kepada semua warga, itu namanya tidak tepat sasaran,’’ katanya.

Saat ini, tercatat ada 52.783 KPM dari bantuan pangan non tunai itu. Tetapi, tidak semua masuk dalam basis data terpadu (BDT). Hanya sekitar 52.400 KPM yang tercatat. Sisanya masih berproses administrasinya. ‘’Ini hanya permasalahan administrasi. Kami tetap berupaya memasukkannya,’’ ujar Sucipto.

Dia menjelaskan penetapan data KPM dilakukan dua kali dalam setahun. Yakni pada Januari dan Juli. Dari situ, tersisa 383 KPM yang belum terdaftar dalam BDT. Pihaknya mengupayakan mereka bakal di input pada Juli. Tentunya dengan didahului proses verifikasi. ‘’Kami terus berkoordinasi dengan kepala desa (kades) dan lurah untuk mendata warganya yang benar-benar miskin. Dan, mencoret yang sudah tidak miskin,’’ terangnya.

Sucipto menyebut nominal bantuan yang diterima setiap KPM adalah sebesar Rp 110 ribu. Bantuan itu diterimakan dalam bentuk rekening tiap tanggal 10. ‘’Pemberian bantuan ini juga diawasi oleh pihak kepolisian,’’ pungkasnya. (ebo/bel/her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close