Dinkes Magetan Gelar Workshop Tablet Tambah Darah Remaja Putri

357
DISKUSI: Kabid SDK Dinkes Magetan Heroe Widhiatmoko (lima dari kiri) dalam acara workshop yang mengundang narasumber dari Dinkes Jatim.

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Dinas Kesehatan (Dinkes) Magetan concern mencegah penyakit anemia. Organisasi perangkat daerah (OPD) itu menggelar workshop Tablet Tambah Darah (TTD) Remaja Putri menuju Magetan Manis Ceria. Kegiatan yang memaparkan kerentanan terkena anemia itu diikuti sekitar 100 siswi SMP dan SMA se-kabupaten ini. ‘’Remaja putri harus terbebas dari anemia,’’ kata Kabid Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinkes Magetan Heroe Widhiatmoko.

Heroe menyebut, penanggulangan anemia selama ini hanya berfokus pada ibu hamil. Pola itu perlu diubah dengan menyiapkan remaja putri sehat dan bebas anemia. Salah satu upayanya melaksanakan program TTD. ‘’Kami ambil sisi lain dengan menyasar calon ibu dari siswi SMP dan SMA,’’ ujarnya.

Anemia tidak boleh disepelekan. Sebab, membuat seseorang sulit berkonsentrasi.  Dampaknya menurunkan prestasi belajar, mudah lelah karena daya tahan fisik rendah, dan menurunkan produktivitas dalam kegiatan apa pun. ‘’TTD tidak hanya dikonsumsi saat haid. Tapi bisa seminggu sekali ditambah mengonsumsi makanan bergizi,’’ terangnya.

Heroe berharap wawasan para remaja putri terhadap TTD bisa meningkat. Mereka juga menguasai keterampilan tentang pencatatan, pelaporan, monitoring, dan evaluasi program. ‘’Workshop ini multisasaran,’’ sebutnya. (ebo/bel/c1/cor/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here