Dinas Perdakum Bidik Pedagang Jalan Baru

72

PONOROGO – Konsep penataan pedagang kaki lima (PKL) terus dimatangkan Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro (Perdakum) Ponorogo. Sentra PKL Jalan Menur, misalnya, diberi fasilitas penunjang seperti taman dan 25 unit kanopi bantuan Kementerian Perdagangan.

‘’Itu (sentra PKL Menur, Red) sebenarnya untuk PKL Jalan Sultan Agung. Tapi, karena mereka belum bersedia, saat ini dipakai mereka yang biasa berjualan di jalan-jalan protokol lainnya,’’ kata Kepala Dinas Perdakum Addin Andhanawarih, Rabu (31/10).

Diakuinya, saat ini baru sekitar 10 pedagang yang menempati sentra PKL Jalan Menur yang luas lahannya mencapai 1.850 meter persegi tersebut. Namun, dia menyebut jumlahnya dimungkinkan bakal bertambah. ‘’PKL yang biasa berjualan di Jalan Baru mulai sisi utara sampai timur kemungkinan akan pindah ke sini,’’ ujar Addin.

Tak hanya itu, dia menyebut sentra PKL itu sudah mampu menyumbang pendapatan asli daerah (PAD). Yakni, dari retribusi parkir sepeda motor saat car free day setiap akhir pekan serta pemakaian MCK. ‘’Bahkan, juga beberapa kali dipakai untuk kegiatan festival musik dan pameran UMKM,’’ imbuh Addin.

Dia menjelaskan, konsep sentra PKL Jalan Menur tidak jauh berbeda dengan penataan pedagang barat Stadion Batoro Katong. ‘’Bedanya, kalau di stadion itu konsepnya permanen, di sini semipermanen. Di sebelah timur kami sediakan tempat penyimpanan gerobak. Mereka kan hanya berjualan di jam-jam tertentu sesuai aturan yang berlaku,’’ paparnya.

Yang jelas, lanjut Addin, sentra PKL Jalan Menur itu dapat dimanfaatkan pedagang yang selama ini mangkal di Jalan Sultan Agung maupun jalan-jalan protokol lainnya. Kapasitasnya sekitar 70 pedagang.

Dia menambahkan, kelak setelah pembangunan sentra PKL tersebut selesai akan dilakukan pendataan kembali untuk menindaklanjuti rencana relokasi PKL yang sudah berkembang sejak 2017 lalu. ‘’Kami sudah ada datanya. Jadi, PKL baru tidak bisa menempati lahan itu,’’ pungkasnya. (her/c1/isd)

Bagikan
Artikel SebelumnyaHanya Tersisa Pakaian yang Menempel di Badan
Artikel Sesudahnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here