Dinas Arpus Magetan Bangun Ruang Baca Anak Tahun Depan

37
JADI SATU: Ruang baca anak-anak dan dewasa di Dinas Arpus menjadi satu tanpa sekat.

MAGETAN – Status sebagai kabupaten layak anak (KLA) sulit dikejar oleh Pemkab Magetan. Karena belum semua organisasi perangkat daerah (OPD) mendukung program tersebut. Dinas Kearsipan dan Perpusataan (Arpus) misalnya. Di tempat tersebut belum tersedianya ruang baca khusus anak. ‘’Bukan kami tidak mendukung KLA, tapi memang karena lokasi yang masih belum memungkinkan,’’ kata Kabid Pengelolaan dan Layanan Perpustakaan Dinas Arpus Magetan, Dwi Suprih.

Dia tak menampik ruang baca saat ini belum dipisah. Tapi, pihaknya menjamin untuk fasilitas lainnya telah terpenuhi. Seperti ketersediaan bahan edukasi bagi anak-anak. ‘’Perlahan keberadaan ruang baca anak itu akan kami penuhi. Tetapi, pembangunannya belum tahun ini,’’ ungkap Dwi.

Dia mengatakan pembangunan direncanakan dilakukan tahun depan. Konsepnya ruang baca anak bakal dipisah dengan bangunan utama. ‘’Semoga saja bisa terlaksana 2020 mendatang. Karena tahun ini, kami masih fokus pada pemindahan pelayanan di lantai bawah,’’ katanya.

Hanya, lanjut Dwi, masalah lain muncul ketika lahan itu dimanfaatkan untuk ruang baca anak. Karena otomatis lahan parkir bagi pengunjung perpustakaan bakal tergerus. ‘’Masih kami pikirkan lokasi parkirnya,’’ katanya.

Termasuk rencana pembongkaran pagar perpustakaan juga bakal dibahas mendetail. ‘’Dalam perecanaan memang belum kami bicarakan,’’ pungkasnya. (bel/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here