Diguncang Gempa 4,6 SR, Warga Panik Terjadi Tsunami

136

PACITAN – Tiada hari tanpa bencana. Tidak berlebihan ungkapan ini disandangkan untuk Kabupaten Pacitan. Bencana banjir dan longsor beberapa hari terakhir masih hangat jadi perbincangan. Kemarin (18/12) sekitar pukul 13.21 Pacitan berguncang. Gempa berkekuatan 4,6 SR mengagetkan warga yang tengah beraktivitas. ‘’Sangat terasa, saya sampai lari ke luar rumah karena kaget,’’ kata Damayanti, salah seorang warga.

Meski hanya beberapa detik, lanjut dia, kuatnya guncangan membuat seluruh perabotan rumahnya di lingkungan Teleng, Sidoharjo, Pacitan, itu bergetar. Bahkan, kaca jendela sampai berderak-derak. Dia sempat waswas bakal memicu tsunami. ‘’Syukur, gak ada tanda-tanda bakal tsunami. Tadinya sempat takut karena gempanya kuat,’’ ungkapnya.

Mayoritas warga sekitarnya juga merasakan getaran yang sama. Mereka juga ke luar rumah lantaran khawatir terdampak gempa. Apalagi, lingkungan setempat sangat dekat dengan bibir pantai Samudra Indonesia. Mereka waswas terjadi gempa susulan dan tsunami. ‘’Setelah gak ada apa-apa, semua balik lagi masuk rumah,’’ ujar ibu rumah tangga itu.

Kasi Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan Pujono menyebut titik pusat gempa berada 93 kilometer tenggara Pacitan. Tepatnya, 9,02 derajat lintang selatan dan 111,17 derat bujur timur. Menurut dia, getarannya sangat terasa lantaran kedalaman titik gempa tergolong rendah. Yakni sekitar 10 kilometer dari permukaan laut. ‘’Kami belum mendapat laporan adanya dampak kerusakan yang ditimbulkan,’’ jelas Pujono.

Dia menambahkan, meski titik gempa di Samudra Indonesia, namun tak ada potensi tsunami akibat getaran tersebut. Dia mengimbau warga tak perlu panik dan terkecoh dengan informasi yang beredar. Patokan keamanan akan guncangan gempa dapat dipahami dengan jargon 20-20-20. ‘’Yaitu, 20 detik gempa, lari ke ketinggian minimal 20 meter di atas permukaan laiut, dalam waktu 20 menit,’’ terangnya. (mg6/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here