Digelontor Rp 28 Miliar, 3 Jembatan Diprioritaskan

80

PACITAN – Tiga jembatan di Pacitan yang rusak terdampak bencana bakal dibangun dalam waktu dekat. Yakni, jembatan Gedangan, Tremas, dan Borang. Sebab, ketiganya masuk skala prioritas pascabencana. Itu setelah anggaran bantuan bencana dari Badan Nasional Pembangunan Bencana (BNPB) cair. ‘’Setelah mendapat DAU Rp 28 miliar, kami breakdown untuk beberapa kegiatan. Prioritasnya tiga jembatan tersebut,’’ kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (DPUPR) Pacitan Budiyanto kemarin (19/1).

Selain tiga jembatan tersebut, anggaran juga dialokasikan untuk rehabilitasi sejumlah ruas jalan yang rusak terdampak bencana banjir dan longsor akhir 2017 silam. Menurut dia, penentuan skala prioritas tersebut berasal dari badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) setempat. ‘’Itu sesuai dengan jitupasna (pengkajian dan penghitungan pascabencana, Red),’’ ujarnya.

Budi membeber, terdapat tiga skala prioritas. Yakni, tingkat pertama, kedua, hingga ketiga. Masing-masing disesuaikan tingkat keparahan dan urgenitas pembangunan. Dengan dana Rp 28 miliar tersebut, menurut dia, pekerjaan hanya di tingkat prioritas satu dan dua. Termasuk di antaranya tiga jembatan di atas Sungai Grindulu itu. ‘’Ada longlist dan shortlist yang dipecah jadi prioritas pertama, kedua, dan ketiga,’’ tuturnya.

Budi mengakui, dana tersebut masih jauh dari cukup untuk perbaikan seluruh infrastruktur di Pacitan yang rusak terdampak bencana. Sebab, dalam usulan sebelumnya, pengajuan anggaran mencapai Rp 100 miliar lebih. Dengan kondisi tersebut, diperkirakan bakal ada pengajuan untuk penanganan lanjutan. ‘’APBD juga sudah berkontribusi banyak,’’ jelasnya. (odi/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here