Di Masjid Ini Sekali Tarawih Bacaan Ayat Pendek Satu Juz

45

NGAWI – Banyak ibadah yang bisa dilakukan umat Islam untuk mendulang pahala berlipat-lipat saat Ramadan. Salah satunya seperti yang dilakukan jamaah masjid KH. Sjamsudin Mustaqim di Jalan Perkutut, Desa Beran, Ngawi.

Mereka mengikuti salat tarawih satu juz. ‘’Jadi, setiap tarawih bacaaan ayat pendeknya sampai satu juz. Selesai Ramadan, khatam Alquran,’’ kata Sjamsudin kepada Radar Ngawi Jum’at (10/5).

Pada saat sejumlah orang memilih masjid yang cepat selesai saat tarawih, tidak begitu dengan Sjamsudin beserta jamaahnya. Kendati jamah mayoritas pria sudah berumur, penerapan sekali tarawih satu juz tidak menyurutkan niat mereka mendulang pahala.

Momen istimewa setahun sekali bagi umat muslim tersebut betul-betul dimanfaatkan. ‘’Seingat saya, mulai seperti ini (sekali tarawih satu juz, Red) sekitar enam atau enam tahun lalu,’’ ujar kiai 71 tahun tersebut.

Sampai kemarin, enam juz telah rampung dibacakan sebagai pengiring Alfatihah saat salat tarawih. Sedari dulu, salat tarawih diimami Sjamsudin sendiri. Terkadang, pria yang juga ketua Takmir Masjid Agung Baiturrahman Ngawi ini, mendapat giliran memimpin di masjid besar, imam dilanjutkan oleh anak Sjamsudin. ‘’Tahun lalu sempat mengundang hafiz dari Jombang. Untuk tahun ini jamaah minta saya sendiri yang jadi imam tarawih,’’ ungkapnya.

Waktu salat tarawih yang cukup lama lantaran bacaan ayat-ayat yang panjang, tidak membuat masjid sepi. Sjamsudin menuturkan, setiap kali tarawih, jamaah yang datang rata-rata ada 60-an orang. Baik pria maupun perempuan. ‘’Kalau malam ini (tadi malam, Red), lebih banyak jamaah perempuan. Alhamdulillah totalnya sekitar 90 orang,’’ pungkasnya. (den/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here