Dewan Siap Audiensi Relokasi

138

PEMKAB tidak boleh abai terhadap nasib para pedagang pasar eks stasiun. Relokasi jangan sekadar dimaknai penertiban pasar di barat Jalan Soekarno Hatta. Usai bangunan kios dirobohkan, para pedagang harus difasilitasi secara layak di pasar sementara. ‘’Kami minta disperdakum betul-betul memberi fasilitas yang layak bagi pedagang dan pembeli,’’ desak Wakil Ketua DPRD Ponorogo Miseri Efendi.

Pasca penertiban, sebagian pedagang masih bertahan lantaran di tanah PT KAI lantaran belum mendapat jaminan tempat yang layak di pasar sementara. Betapa tidak, baru sebagian lahan di selatan los 4 yang sudah diuruk tanah. ‘’Betul-betul layak. Dalam artian tidak panas, tidak becek, dan tempatnya pun representatif,’’ tegasnya.

Miseri pun menekankan, nasib pedagang bergantung pada kebijakan relokasi yang telah ditempuh pemkab. Jika pemkab ingin seluruh pedagang bersedia boyongan ke pasar sementara, maka berbagai fasilitas selayaknya patut dipenuhi. Pemkab harus memberi sebuah jaminan terkait bagaimana nasib kelangsungan usaha para pedagang agar tetap lancar. ‘’Tentu tidak nyaman jika bertransaksi di atas tanah uruk dan tanpa peneduh,’’ ungkapnya.

Miseri mendukung penertiban pasar eks stasiun. Langkah itu diperlukan demi menegakkan aturan main tata ruang di Bumi Reyog. Sepatutnya, siapa pun tunduk pada Perda 1/2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Ponorogo. Tidak semaunya menjalankan bisnisnya. ‘’Persoalan ini kan berangkat dari perjanjian sewa antara PT KAI dan penyewa (Koperasi Pandhu Artha Nugraha Jaya dilanjutkan PT Sakur Agung Perkasa, Red). Seharusnya, kedua belah pihak bisa cermat membaca aturan mengenai tata ruang di Ponorogo,’’ jelasnya.

Miseri juga memastikan wakil rakyat tidak tinggal diam menyikapi penertiban dan relokasi pedagang pasar eks stasiun. Pihaknya membuka pintu kepada semua pihak jika ingin difasilitasi duduk bersama membicarakan penyelesaian persoalan kompleks di barat Soekarno Hatta itu. ‘’Kami wait and see. Jika ada aduan untuk audiensi terkait persoalan itu, kami siap menindaklanjuti,’’ pungkasnya. (naz/c1/fin/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here