Dewan Sampaikan Hasil Reses Masa Sidang Pertama

65
SERAP ASPIRASI: DPRD menggelar rapat paripurna dengan agenda penyampaian laporan hasil reses kemarin (27/3).

PONOROGO – Masa reses anggota DPRD Ponorogo selama persidangan periode pertama resmi berakhir 23 Maret 2019. Tapi, hasil kegiatan legislatif dalam menyerap aspirasi mereka selama masa reses itu baru dibeberkan dalam rapat paripurna terbatas kemarin (27/3).

Dari laporan yang mereka buat, masukan paling banyak dari masyarakat adalah masalah kegiatan lingkungan. ‘’Berbagai aspirasi yang diserap anggota DPRD dari konstituen masing-masing akan ditindaklanjuti. Itu semua demi kepentingan masyarakat,’’ kata Wakil Ketua DPRD Ponorogo Slamet Haryanto.

Dia mengungkapkan banyak warga yang mengharap mendapat bantuan sarana penunjang berbagai kegiatan di lingkungan. Misalnya, bantuan meja, kursi, atau bahkan terop. Sementara, tidak banyak yang mengeluhkan kondisi infrastruktur. Karena dalam tiga tahun terakhir, pemkab memang telah berbenah. ‘’Aspirasi mengenai kegiatan lingkungan ini walaupun sederhana, ternyata cukup banyak,’’ ujar politikus PKB itu.

Slamet berjanji pihaknya akan menindaklanjuti berbagai aspirasi tersebut. Seperti bakal dilakukan pembahasan melalui komisi lebih dulu sebelum kemudian dijadikan sebagai pokok pikiran (pokir) dewan kepada pemkab. Namun, secara spesifik, Slamet mengungkapkan bahwa aspirasi masyarakat yang berharap mendapat bantuan sarpras untuk kegiatan lingkungan itu dapat diberikan melalui hibah. ‘’Yang lebih tepat melalui hibah. Kalau bantuan keuangan desa (BKD), selama ini yang sudah berjalan untuk infrastruktur dan kesenian,’’ jelas Slamet.

Dia menambahkan, saat ini anggota DPRD tak hanya disibukkan dengan tugas kelembagaan. Namun, juga tugas politik bersama partai masing-masing. Slamet mengakui, tak semua anggota di DPRD dapat mengikuti berbagai kegiatan lantaran kesibukan tersebut. Meski begitu, dia memastikan lembaganya tetap bekerja secara maksimal dan profesional untuk masyarakat. ‘’Saya pun ada kegiatan hari ini (kemarin, Red), tapi karena ada agenda paripurna yang harus diikuti di DPRD, sesibuk apa pun datang. Penting bagi anggota DPRD dalam menjaga profesionalitas kinerja,’’ tekannya. (naz/c1/her/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here