Dewan Pertanyakan Keseriusan Satpol PP Eksekusi Toko Modern

148

MADIUN – Mendadak pengampunan yang diberikan pemkab kepada lima toko modern diprotes dewan. Keputusan itu menjadi preseden buruk lantaran penutupan 2 minimarket dan penyegelan 3 minimarket telanjur digemborkan ke masyarakat. ‘’Padahal, pemkab sudah memastikan (toko modern) tidak bisa menyelesaikan perizinan karena moratorium,’’ tukas Wakil Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Madiun Suprapto kemarin (1/3).

Menurut Suprapto, urusan administrasi pembuatan lima berkas acara penutupan bisa diselesaikan satu hari. Semestinya bisa dikerjakan jauh hari sebelum memutuskan jadwal awal penyegelan Kamis silam (28/2). Apalagi, temponya cukup panjang. Terhitung dilayangkannya surat peringatan (SP) 1 hingga 3 sejak awal Februari. ‘’Kalau niat menutup sejak awal karena dipastikan melanggar operasional ya seharusnya bisa total dalam melaksanakannya,’’ bebernya kepada Radar Mejayan.

Koordinasi bersama musyawarah pimpinan kecamatan (muspika) dan perangkat desa tempat lokasi beroperasinya toko modern pun bisa dilakukan jauh hari. Mereka seharusnya menerima tembusan atas dilayangkannya SP. Tidak hanya dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu (DPMPTSP) dan dinas perdagangan koperasi dan usaha mikro (disperdakop-UM). Sebab unsur di bawah yang kelak membantu kelancaran penyegelan bisa melakukan persiapan. Mengatur waktu pertemuan dengan satpol PP. ‘’Terutama saat menerima tembusan SP-3 dari satpol PP,’’ ujar politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut.

Suprapto menilai perubahan waktu mendadak hanya karena administrasi bisa menjadi preseden buruk bagi satpol PP. Khususnya penindakan pelanggaran perda terkait masalah izin. Meski hanya mengganti dengan tenggat beberapa hari. Terkesan hanya berani melarang namun takut menutup. Sebab warga menaruh atensi perkara penertiban toko modern yang nekat beroperasi. Meski belum mengantongi izin usaha toko swalayan (IUTS). ‘’OPD yang seperti ini perlu pembinaan,’’ tegasnya. (cor/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here