Dewan Minta BPK Awasi Proyek Jembatan Gantung

80

PACITAN – Legislatif angkat bicara menyusul melintirnya jembatan gantung Banjarsari 2. DPRD menilai insiden tersebut harus ditelisik. Mulai pihak yang harus bertanggung jawab atas proyek tersebut, sumber dananya, hingga proses pengerjaannya. ‘’Harus diteliti juga masalahnya di bagian mana,’’  kata Ketua DPRD Pacitan Ronny Wahyono kemarin (31/1).

Ronny bakal menginstruksikan komisi IV untuk memantau jembatan di Desa Semanten, Pacitan, itu. Hasil pantuan bakal dikoordinasikan dengan pemkab setempat. Menurut dia, kejadian tersebut jadi pembelajaran bersama. Harapannya, insiden serupa tidak kembali terjadi. Sebab, dampaknya mengganggu aktivitas masyarakat. ‘’Apalagi sampai ada korban,’’ sesalnya.

Komisi yang membidangi pembangunan itu juga akan meninjau sejumlah jembatan gantung lainnya. Terutama yang saat ini masih dalam pengerjaan. Agar insiden melintirnya jembatan gantung tidak kembali terjadi, pihaknya bakal intensif mengawasi. Pun pihaknya bakal melibatkan Badan Pemeriksa Keuangan (PK). ‘’Kami akan minta BPK ikut mengawasi,’’ tegasnya.

Dia menyebut BPK lebih paham teknis pembangunan. Pun hitung-hitungan materialnya bila muncul indikasi kecurangan. Harapannya, BPK merekomendasikan pekerjaan dilanjutkan atau menunggu kajian. Hanya, dia enggan membeber kapan komisi IV bakal terjun ke lokasi pembangunan jembatan. ‘’Kami akan lakukan secepatnya,’’ janjinya.

Terpisah, salah seorang warga Desa Tambakrejo, Pacitan, Edi Winardi, khawatir dengan insiden melintirnya jembatan Banjarsari 1. Pasalnya, jembatan di desanya itu dalam perbaikan. Konstruksinya pun mirip jembatan Banjarsari 2. Terlebih satu jembatan lainnya, jembatan Kedungbendo yang sepaket, juga bermasalah. ‘’Jangan-jangan kondisinya juga kurang kuat,’’ waswasnya.

Informasinya, Kabupaten Pacitan mendapat jatah pembangunan tujuh unit jembatan gantung. Selain jembatan Banjarsari 2 dan Kedungbendo, juga jembatan Tambakrejo, Banjarsari 1, Kembang, Kebon, dan Kali Atas. Ditengarai baru tiga jembatan yang sudah selesai pembangunannya. (odi/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here