Dewan ‘’Bekukan’’ PT AJB Bumiputera

357

PONOROGO – Dewan terpaksa mengambil langkah diskresi terhadap PT Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera. Sebelum, klaim polis asuransi macet yang ditaksir tembus Rp 10 miliar itu terbayarkan ke nasabah di Bumi Reyog ini. ‘’Kami menuntut Bumiputera menghentikan segala bentuk kegiatan terkait menawarkan asuransi ke masyarakat Ponorogo. Sebelum permasalahan ini selesai,’’ tegas Wakil Ketua Komisi A DPRD Mursid Hidajat, kepada Radar Ponorogo kemarin (24/2).

Langkah ‘’pembekuan’’ PT AJB Bumiputera ini buntut dari kekecewaan dewan. Lantaran tak mendapat respon positif saat diminta tanggapan seputar keluhan nasabah yang macet klaim polis asuransinya. Usai hearing sepekan lalu (18/2), dewan langsung merapatkan barisan. ‘’Tidak ada respon positif dari Bumiputera. Data terperinci terkait jumlah nasabah dan yang belum terlunasi dan sudah jatuh tempo pun tidak bisa dibeberkan. Ini yang kami sayangkan,’’ ujarnya.

Dari hearing itu, wakil rakyat hanya mendapati jumlah tunggakan pelunasan polis asuransi yang mencapai Rp 10 miliar. Rata-rata jatuh temponya sudah satu tahun. Jumlah yang tidak sedikit. ‘’Kami mendesak Bumiputera segera melunasi apa yang menjadi tanggungjawabnya,’’ tegas Mursid.

Politisi PKB itu membeber sedikit cerita keluhan nasabah yang diterima DPRD. Banyak nasabah, kata Mursid, tak menerima hak mereka hingga jutaan rupiah. Pun, baru satu nasabah yang klaim polis asuransinya sudah dicairkan. ‘’Dengan banyaknya tunggakan yang belum dilunasi ini, sepatutnya Bumiputera berhenti mencari nasabah lagi. Kami akan sampaikan ini ke kantor pusat,’’ tegasnya.

Wakil Ketua DPRD Miseri Efendi menegaskan telah mengagendakan pelaporan terkait persoalan ini kepada kantor pusat Bumiputera. Namun, belum dipastikan kapan wakil rakyat bakal ngelurug Jakarta. ‘’Hak nasabah dari Ponorogo ini harus diperjuangkan,’’ tegas politisi Partai Demokrat ini.

Sementara itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kediri hingga kini terus membuka layanan pengaduan. Kepada koran ini, Kepala OJK Kediri Bambang Supriyanto berjanji terus melakukan pembinaan terhadap PT AJB Bumiputera. Supaya laju bisnis asuransi tertua di Indonesia itu lekas pulih. ‘’Setiap aduan akan kami tindaklanjuti,’’ pungkasnya. (naz/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here