AdvertorialMadiun

Dewan Apresiasi Pemkot Madiun Wujudkan Kota Sehat

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Status sebagai kota sehat disandang oleh Kota Madiun. Itu setelah pemkot menerima penghargaan swasti saba wistara dari kementerian kesehatan (kemenkes) dan kementerian dalam negeri (kemendagri) pada Selasa (19/11) lalu.

Berdasar capaian tersebut, Ketua DPRD Kota Madiun Andi Raya Bagus Miko Saputra mengapresiasi upaya dan kerja keras pemkot karena telah mampu berkolaborasi bersama masyarakat mewujudkan Madiun yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni. ‘’Kami berharap dengan diraihnya penghargaan swasti saba wistara ini ke depan Kota Madiun dengan tatanan yang ada mampu meningkatkan kualitas kesehatan dan kualitas lingkungan,’’ katanya.

Lebih lanjut, Andi Raya (AR) mengatakan, agar tidak memandang penghargaan tersebut sebagai sebuah prestise semata, melainkan sebagai sebuah kepercayaan dan amanat yang diberikan kepada Kota Madiun. ‘’Karena itu, kami senantiasa mengawal serta mendorong gerak dan langkah pemkot dalam mewujudkan Kota Madiun yang sehat untuk kesejahteraan masyarakat,’’ ujarnya.

Dijelaskan bahwa penyelenggaraan program kota sehat itu telah dilaksanakan melalui berbagai program dan kegiatan lintas sektor yang mengedepankan partisipasi aktif masyarakat. Serta mendorong penguatan sinergi antar seluruh pemangku kepentingan.

Ada enam tatanan yang dipenuhi oleh pemkot. Untuk tatanan kawasan permukiman sarana dan prasarana sehat diwakili Kelurahan Nambangan Kidul. Tatanan kawasan tertib lalu lintas dan pelayanan transportasi adalah dishub serta terminal. Kemudian, tatanan kawasan industri dan perkantoran sehat adalah PT Kita Mau serta dinas pendidikan.

Lalu, untuk tatanan ketahanan pangan dan gizi diwakili oleh Kelurahan Sogaten serta KRPL Kelurahan Patihan. Tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri diwakili oleh Kelurahan Rejomulyo. Serta, tatanan kehidupan sosial yang sehat diwakili Kelurahan Oro-oro Ombo dan TPA Al Hasanah. (her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close