Deadline Terlewat, Relokasi Pedagang Eks Stasiun Belum Terlihat

76

PONOROGO – Rencana relokasi susulan mengundang tanya besar. Sejak terlewat deadline Kamis (7/2), semangat memboyong sisa pedagang dari eks stasiun ke pasar relokasi belum terlihat.

Dua hari lewat deadline, sisa pedagang masih berniaga di seputaran pasar eks stasiun. Entah menanti kesiapan lahan di sisi timur areal selatan los 4 siap seratus persen atau tetap berat hati meninggalkan lapak yang telah puluhan tahun ditempati.

Sekda Agus Pramono justru kurang tahu perkembangan terkini atas kebijakan yang dijalankan pemerintahannya. Padahal, pemkab sudah memberitahukan para pedagang untuk boyongan ke areal selatan los 4, terakhir Kamis lalu. ‘’Coba saya cek dulu ya. Memang kemarin disampaikan Kamis (deadline relokasi pedagang eks stasiun, Red),’’ katanya.

Agus mengaku belum mendapat perkembangan informasi dari anak buahnya terkait kepastian relokasi ratusan pedagang yang masih tercecer di eks stasiun. Dia pun belum bisa berkomentar banyak mengenai hal itu. Hanya, Agus mengisyaratkan jika relokasi kemungkinan diundur menanti kesiapan total di areal selatan los 4. Di areal yang kini diplester semen itu, akan ada ratusan pedagang eks stasiun yang bakal pindah berniaga. ‘’Mestinya tempat relokasi sudah siap. Tapi perkembangannya bagaimana, saya cek dulu. Belum bisa berkomentar,’’ ujar mantan kepala Bakesbangpol Kabupaten Madiun itu.

Kabid Penataan Pasar Disperdakum Fitri Nur Cahyo juga enggan menjelaskan penyebab molornya relokasi. Kata dia, justru yang berwenang merelokasi pedagang adalah satpol PP. Pihaknya, tegas dia, hanya menerima pedagang saja setelah direlokasi oleh korps penegak perda. ‘’Kami koordinasi dengan satpol PP, kami hanya menerima pedagangnya,’’ kata dia.

Hingga kemarin, penyiapan areal selatan los 4 memang belum selesai. Sisi timur yang kini tengah proses diplester semen supaya pedagang mendapat tempat lebih laik. Sementara, areal yang sudah diplester semen telah dibagi dan dinomori oleh paguyuban pedagang eks stasiun. ‘’Yang timur biar selesai dirabat dulu (baru relokasi). Untuk penertibannya, langsung satpol PP saja,’’ sebut Fitri. (naz/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here