DBD Mewabah, Permintaan Trombosit Tembus Ratusan Kantong

149

PONOROGO – Seiring mewabahnya demam berdarah dengue (DBD), permintaan trombosit di Palang Merah Indonesia (PMI) Ponorogo meningkat. Dalam sehari saja, rumah sakit setempat meminta hingga 40 kantong. Hingga kemarin (28/1) permintaan mencapai 175 kantong. ‘’Mulai bulan ini permintaan trombosit meningkat drastis,’’ kata Kabag Pelayanan Donor Darah PMI Ponorogo Sunarmi.

Permintaan paling banyak berasal dari RSUD Dr Hardjono. Permintaan trombosit rumah sakit pelat merah itu mencapai 50 persen dari total yang dikeluarkan. Sisanya permintaan dari rumah sakit swasta setempat. ‘’Hampir tiap hari ada yang mengirimkan permintaan, dan langsung kami penuhi. Kami produksi setiap hari,’’ ujarnya.

Permintaan ini meningkat drastis dari pengujung bulan tahun lalu sebanyak 143 kantong. Sementara stok di PMI Ponorogo hingga kemarin tinggal delapan kantong. Perinciannya, trombosit golongan A sebanyak tujuh kantong, B satu kantong. ‘’Jadi, memang sengaja kami tidak memasang stok banyak. Untuk O dan AB ini proses pembuatan,’’ terangnya.

Sunarmi mengungkapkan alasan tidak menyimpan stok trombosit dalam jumlah besar. Sebab, trombosit hanya dapat bertahan maksimal lima hari. Setelah itu, trombosit tidak dapat digunakan kembali. ‘’Karena itu kami tidak menyetok banyak,’’ jelasnya.

Alasan lain yang mendasarinya adalah proses produksi trombosit tidak memerlukan waktu lama. Hanya dua jam, trombosit dapat dihasilkan. Sehingga permintaan yang masuk dapat dipenuhi hari itu juga. ‘’Kami sudah punya mesin yang tidak semua kabupaten memiliki,’’ tegasnya menyebut PMI Kota Madiun dan Kabupaten Madiun juga memiliki.

Karena itu, pihaknya juga menerima permintaan dari luar kota. ‘’Seperti Pacitan, Magetan, dan sekitarnya. Bahkan, Kota Madiun ketika stoknya habis, mengirim permintaan dan sebaliknya,’’ paparnya.

Sunarmi menjelaskan, trombosit dihasilkan dari darah merah hasil donor yang masuk. Sudah melalui filter untuk membedakan darah layak dan tidak. Sementara stok darah merah dipastikan aman. Yaitu golongan A mencapai 76 kantong, B 96 kantong, O 233 kantong, dan AB 12 kantong. ‘’Selama stok darah merah aman, kami pastikan trombosit aman. Kami juga jemput bola bagi pendonor,’’ ucapnya. (mg7/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here