DBD Mewabah, Permintaan Trombosit Melejit

110

PONOROGO – Trombosit di Palang Merah Indonesia (PMI) Ponorogo tidak aman. Stok yang dimiliki saat ini tinggal sembilan kantong. Melihat tren demam berdarah dengue (DBD) yang melonjak tinggi, asupan trombosit sangat berarti. ‘’Satu pasien bisa membutuhkan 2-8 kantong. Tergantung kondisi,’’ kata Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Ponorogo dr Andy Nurdiana DQ.

Saat ini permintaan trombosit paling tinggi adalah golongan O. Karena itu, pihaknya berharap bagi yang memiliki golongan darah terkait bersedia mendonor. Agar dapat segera diolah menjadi trombosit dan disalurkan kepada pasien yang membutuhkan. ‘’Permintaan trombosit bisa mencapai 30 kantong sehari,’’ ujarnya.

Pihaknya juga berharap seluruh warga bersedia mendonor. Apa pun golongan darahnya. Itu diharapkan dapat membantu kebutuhan darah ratusan pasien DBD. ‘’Ada permintaan trombosit, kemudian ada yang donor, langsung kami olah untuk dikirim memenuhi permintaan,’’ terangnya.

Permintaan trombosit dalam tiga bulan terakhir meningkat drastis. Tahun lalu, November mencapai 55 kantong dan Desember 143 kantong. Sementara Januari ini melonjak hingga 352 kantong. ‘’Karena memang penderita DBD semakin meningkat,’’ tuturnya.

Permintaan darah pekat juga meningkat drastis. Hingga tutup Januari, permintaan untuk semua golongan darah tembus 308 kantong. ‘’Tentu tidak semua darah dari pendonor dapat diolah atau dikirim ke pasien yang membutuhkan. Harus melalui beberapa pengecekan,’’ jelas Andy.

Mulai pengecekan tensi darah, HB, dan lain-lain. Darah juga harus bebas dari penyakit hepatitis B, hepatitis C, sipilis, dan HIV/AIDS. Trombosit hanya dapat diproduksi dari darah yang baru didonorkan. Darah segar harus segera diolah maksimal lima jam. ‘’Harus darah yang benar-benar segar,’’ tegasnya.

Pihaknya berharap stok trombosit kembali di batas aman. PMI intens melakukan berbagai upaya jemput untuk menjaring pendonor sebanyak-banyaknya. ‘’Semoga wabah ini semakin tertekan, jumlah penderita juga semakin menurun,’’ harapnya. (mg7/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here