Pacitan

Daya Beli Masyarakat Turun

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Harga bahan pokok di sejumlah pasar dan toko eceran yang sebelumnya naik signifikan mulai berangsur normal. Seperti cabai rawit, telur, bawang merah, dan ayam kampung yang turun sekitar 17 persen. Meski begitu, daya beli masyarakat masih belum stabil karena terdampak korona. ‘’Memang mengalami penurunan, tapi tidak sampai drastis. Rata-rata justru fluktuatif di sekitar Rp 5.000,’’ kata Kabid Perdagangan Disperindag Pacitan Luthfi Azza Azizah Selasa (14/9).

Komoditas lainnya seperti minyak goreng dan gula harganya juga mulai stabil. Beberapa terpantau sudah di bawah harga eceran tertinggi (HET). ‘’Setiap hari kami juga melakukan pemantauan dan monitoring harga bahan pokok di pasaran. Intinya tetap kami jaga stabilitasnya,’’ ujar Luthfi.

Penyebab turunnya harga cabai, lanjutnya, dipicu karena banyak petani yang gagal panen ketika musim kemarau. Namun, Luthfi menyebut jalur distribusi komoditas bumbu dapur itu tak ada kendala. ‘’Kalau ada keluhan pemasaran atau kesulitan, mereka bisa kemari. Kami bantu fasilitasi pemasarannya dengan mencarikan jaringan pemasaran,’’ terangnya. (mg2/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close