Dari Puluhan Ribu Hanya 18 Data Ganda

129

PACITAN – Pencermatan atas dugaan ribuan data ganda dan invalid di daftar pemilih tetap hasil perbaikan kedua (DPTHP-2) Pemilu 2019 tuntas. Hasilnya, ditemukan 18 data ganda. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pacitan pun telah mencoretnya. ‘’Sudah di-TMS (tidak memenuhi syarat, Red)-kan KPU dari DPTHP-2,’’ kata koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Pacitan Sulami kemarin (4/2).

Selain data ganda, Bawaslu Pacitan juga mendapat laporan data invalid dalam DPTHP-2 dari Bawaslu Jatim. Jumlahnya mencapai 32.285 pemilih. Terbanyak data kartu keluarga lintaskecamatan. Jumlahnya 31.386 pemilih. Sehingga dilakukan pencermatan dan perbaikan. ‘’Yang invalid sudah diperbaiki KPU bersama dispendukcapil,’’ ujarnya.

Meski begitu, Sulami enggan membeber jumlah DPTHP-2 pasca perbaikan temuan data ganda dan invalid tersebut. Dia menunggu hasil rapat pleno bersama KPU. Pasalnya, masih ada tambahan data dari daftar pemilih khusus (DPK) dan daftar pemilih tambahan (DPTb). ‘’Belum pleno lagi. Karena masih ada DPK dan DPTb yang belum selesai pendataannya,’’ terangnya.

Sulami berharap bisa segera berkoordinasi dengan KPU. Sayangnya, pihak KPU belum bisa dikonfirmasi. Sebelumnya, ada dugaan 32.285 data invalid dalam  DPTHP-2 Pemilu 2019 masih dalam pencermatan KPU Pacitan. Usai mendapat rekomendasi dari bawaslu, KPU pun melakukan sinkronisasi data dengan dispendukcapil setempat.

KPU optimistis sinkronisasi tidak sampai melampaui batas waktu perbaikan DPT. Selain itu, masukan terkait ketidaksesuaian DPT tidak hanya tugas bawaslu atau partai politik, warga pun bisa melaporkannya. Harapannya, dalam pelaksanaan Pemilu 2019 tidak ditemukan permasalahan DPT lagi. (odi/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here