Dari Garut, Darus Meraih Rezeki pada Momen Kemerdekaan

25
DARI GARUT: Darus menggelar dagangan berupa bendera dan umbul-umbul di sekitar Jalan Mayjen Sungkono.

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Menjelang peringatan HUT RI, penjual pernak-pernik hari kemerdekaan bermunculan. Salah satu lokasi favorit pedagang adalah sekitar Jalan Mayjen Sungkono. Dari pantauan Kamis (15/8), banyak bendera merah putih yang dijajakan di pinggir jalan. Ukurannya beragam. Mulai bendera dengan panjang 90 sentimeter hingga yang paling besar 4 meter.

Darus, salah seorang pedagang, mengatakan bahwa dia sudah berjualan sejak Juli lalu di sana. Dia datang dari Garut. Dengan harapan dapat untung melimpah saat mendekati hari kemerdekaan. Tapi, pada kenyataannya tidak seperti yang dibayangkan. Dia mengaku dagangannya justru sepi pembeli. ‘’Paling sepi sejak enam tahun terakhir,’’ katanya.

Dia mengaku ke Magetan membawa bekal puluhan lembar kain merah putih. Baik berbentuk bendera maupun umbul-umbul. Sedangkan, soal harga, tiap item-nya berbeda-beda. Mulai sekitar Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu. ‘’Sempat ada yang menawar Rp 7.500. Tentu saya tidak lepaskan,’’ ujarnya.

Darus mengungkapkan, tahun ini dia memang jauh peruntungan saat menjual pernak-pernik hari kemerdekaan. Berbeda pada 2013 lalu, dia mengaku dagangannya laku banyak. Saat itu, omzet yang diraih mencapai belasan juta rupiah. ‘’Kalau sekarang modal saja tidak kembali. Penghasilan hanya cukup untuk makan,’’ ungkapnya. (fat/c1/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here