Dapil V Magetan: Ajang Persaingan Ketat Antarcaleg Satu Partai

288

MAGETAN – PDI Perjuangan sepertinya harus bekerja ekstra untuk mengamankan kursi legislatif mereka dari Daerah Pemilihan (Dapil) V Magetan. Seiring makin getolnya calon legislatif (caleg) dari partai lain menggalang dukungan.

PDIP setidaknya memasang empat calon unggulan. Pertama, Karmini yang kini menjabat ketua DPRD Magetan. Lalu, ada Sujatno yang merupakan ketua DPC PDIP Magetan. Kemudian Sofia Rinita Hadi yang kini menjadi ketua komisi A DPRD. Serta Mohamad Thohir. Tapi, pada pileg 2014 lalu, hanya Karmini dan Sofia Rinita Hadi yang meraih tiket ke parlemen. ‘’Pertarungan antarcaleg dalam satu partai itu akan sangat ketat,’’ tebak pengamat politik Magetan Toyieb Rantiono kemarin (28/1).

Pesaing terdekat caleg PDIP datang dari Demokrat. Partai berlambang bintang mercy itu pada 2014 lalu juga berhasil mengantarkan dua calegnya duduk di kursi DPRD. Mereka adalah Mardjianto dan Pangayoman. Di luar keduanya, masih ada Muchtar Hanafi yang bisa saja mengancam. Karena mempunyai mobilitas pendukung para pemilih milenial. ‘’Yang jelas, dia (Muchtar Hanafi, Red) bisa menjadi pesaing berat incumbent Demokrat,’’ kata Toyieb.

Namun demikian, dapil V yang meliputi Lembeyan, Kawedanan, dan Ngutoronadi itu tidak hanya pertarungan dua partai tersebut. Masih ada caleg dari partai lain yang berpeluang menyodok. Beberapa di antaranya berstatus caleg petahana.

Seperti Sugeng Riyadi dan Djoni Purnomo dari PKS. Sementara PKB memasang Nur Wakhid. Lalu, Andri Anshori (Gerindra), Zakariya (Golkar), Sumari (Hanura), dan Gaguk Arif Sujatmika (Nasdem) juga mempunyai peluang sama untuk mempertahankan kursi mereka di parlemen pada Pemilu 2019. ‘’Persaingan caleg dalam satu partai saja sudah ketat. Apalagi antarparpol, lebih ketat lagi,’’ ujarnya.

Hanya, Toyieb memprediksi caleg incumbent belum tentu mudah melenggang kembali ke parlemen. Perlu kerja keras karena caleg baru lainnya juga sudah pasti all-out mengerahkan mesin politik mereka. ‘’Incumbent tidak menjadi jaminan akan terpilih lagi,’’ ungkapnya. (bel/c1/her)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here