Dapil V: Dominasi Petahana Masih Sangat Terasa

175

PACITAN – Tambahan satu kursi di Daerah Pemilihan (Dapil) V Ngadirojo-Sudimoro diperkirakan bukan milik calon legislatif (caleg) Partai Demokrat. Sebab, partai berlogo mercy itu diprediksi bakal kesulitan meraih tiga kursi pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019. Pasalnya, persaingan internal partai pun sengit. ‘’Walaupun ada dua incumbent, untuk meraih tiga kursi di dapil V berat. Karena suara Golkar lebih tinggi. Belum lagi jika menggunakan metode sainte lague murni,’’ kata pengamat politik di Pacitan Septian Dwi Cahyo kemarin (28/1).

Satu di antara dua petahana yang kini berkantor di Jalan Ahmad Yani (gedung DPRD Pacitan), diperkirakan bakal lengser pada Pileg 2019. Yakni, Heru Puspo Handoyo atau Joko Priyono. Menurut dia, Tumardi bakal jadi kuda hitam. Sebab, caleg Partai Demokrat itu memiliki basis massa fanatik di desanya. ‘’Karena Tumardi mantan kades Sukorejo,’’ ujarnya.

Sedangkan dua kursi Partai Golkar dari Pileg 2014 diperkirakan bertahan. Kans Gagarin dan Bambang Suseno masih kuat. Elektabilitas keduanya tetap terjaga. PDIP pun demikian. Satu kursi diperkirakan kembali diraih Heru Setyanto. ‘’Dengan komposisi caleg yang kompetitif, Nasdem tetap dapat satu kursi. Cuma belum diketahui milik siapa. Apakah incumbent Nining atau caleg lain,’’ jelasnya.

Satu kursi lainnya masih tanda tanya. Kursi tambahan tersebut bakal jadi rebutan PKS dan Gerindra. Dia menyebut PKS memiliki kans lebih besar lantaran memiliki sejarah bagus di Pileg 2009. Sedangkan Gerindra terimbas efek kontestasi Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. ‘’Karena Prabowo di Pacitan cukup jadi idola,’’  imbuhnya.

Munculnya nama Adi Subroto, caleg PKB yang juga mantan kabid kebudayaan Dinas Pendidikan (Dindik) Pacitan, disebut belum berkibar dalam Pileg 2019. Namun, lanjut dia, PKB bisa jadi kuda hitam di dapil V. Itu setelah PKB terpuruk pada beberapa pemilu sebelumnya. ‘’Saat ini baru bangkit. Meski begitu, tetap punya peluang,’’ katanya. (odi/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here