Pacitan

Dana Tak Teralokasi, Pelabuhan Gelon Sulit Terealisasi

Tahapan Pembangunan Sebatas Studi Kelayakan

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Rencana pembangunan pelabuhan barang dan niaga di Teluk Magelon, Desa Kembang, Pacitan, batal terealisasi. Sebab, sampai kini pemerintah pusat belum memberikan jaminan alokasi pembiayaan proyek yang sudah diwacanakan sejak 2011 tersebut. ‘’Sampai saat ini masih kami koordinasikan ke Kemenhub. Karena anggaran pembangunannya dari sana,’’ kata Kadishub Pacitan Wasi Prayitno.

Seperti diketahui, rencana pembangunan pelabuhan Gelon sempat masuk dalam program percepatan pembangunan ekonomi yang tertuang dalam Perpres 80/2019. Namun, hingga kini realisasi proyek itu masih tanda tanya. Meski demikian, Komisi V DPR RI ikut mengupayakan agar pemerintah mengalokasikan anggaran tersebut. ‘’Baru sebatas studi kelayakan. Saat ini statusnya masih menunggu anggaran dari pusat,’’ ujar mantan kepala disbudparpora tersebut.

Wasi mengungkapkan, ada banyak manfaat apabila pelabuhan tersebut dibangun. Di antaranya, mengoneksikan lalu lintas perdagangan laut di sisi selatan Pulau Jawa. Selanjutnya meningkatkan perekonomian daerah. ‘’Karena menurut hasil studi kelayakannya, yang membuat sisi selatan Jawa ini tertinggal adalah belum optimalnya pemanfaatan transportasi laut,’’ sebutnya.

Karena merupakan kewenangan pemerintah pusat, Wasi mengaku pemkab tidak bisa berbuat banyak. Sebab, dalam hal ini pemkab hanya dibebani proses pembebasan lahan. ‘’Tapi, kami terus berusaha koordinasi dengan kementerian. Semoga saja segera terealisasi,’’ harapnya. (gen/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close