Dana Kampanye Demokrat Terbesar, PSI-PBB Nol Rupiah

130

PACITAN – Dua partai politik (parpol) tidak menyerahkan laporan penerimaan sumbangan dana kampanye (LPSDK) Pemilu 2019 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pacitan hingga batas waktu Kamis lalu (3/1).  Yakni, Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI). ‘’Di tingkat kabupaten mereka tidak memiliki calon legislatif (caleg). Kemungkinan itu penyebabnya,’’ kata Ketua KPU Pacitan Damhudi kemarin (6/1).

Selain tidak punya caleg, Partai Garuda tidak memiliki kepengurusan di Pacitan. Semua ditangani pengurus provinsi. Itu diketahui sejak laporan awal dana kampanye (LADK) September 2018 lalu. Meski begitu, kedua partai tersebut diperkirakan tak ambil pusing. Pasalnya, sanksi yang diberikan tidak merugikannya. ‘’Sanksinya, kalau ada calon dari mereka yang terpilih, tidak bisa ditetapkan,’’ ujarnya.

Meski begitu, lanjut Damhudi, setiap parpol peserta Pemilu 2019 wajib menyetorkan LADK hingga LPSDK meski tidak memiliki caleg sekalipun. Hanya, dia tidak tahu pasti pertimbangan kedua parpol itu tidak menyerahkan. Dia menduga sekadar tidak ada caleg. Sedangkan KPU telah berkoordinasi, bahkan melakukan pendampingan saat pengisian LPSDK. Itu pun difasilitasi setiap hari. ‘’Tapi mereka tidak hadir,’’ tuturnya.

Di bagian lain, Damhudi menyebut dari 14 parpol yang menyerahkan LPSDK, dua di antaranya tidak memiliki sumbangan sama sekali. Yakni, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Partai Bulan Bintang (PBB). Menurut Damhudi, itu hak masing-masing parpol dan pengurusnya. Sedangkan Partai Demokrat menjadi penerima sumbangan kampanye terbesar. ‘’Partai Demokrat dengan sumbangan kampanye Rp 289,500 juta,’’ sebutnya.

Damhudi mengungkapkan sumbangan berupa uang. Hanya, penggunaannya dipaparkan. Mulai pemasangan alat peraga kampanya (APK) hingga kegiatan kampanye lain. Menurutnya, penyerahan LPSDK dilakukan secara bersama-sama pada batas akhir Kamis lalu (3/1). ‘’Laporan diserahkan masing-masing calon,’’ pungkasnya. (odi/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here