Ponorogo

Dana BTT Covid-19 Sudah Tersedot Rp 10 Miliar

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Dana belanja tidak terduga (BTT) untuk penanganan Covid-19 sudah terpakai Rp 10 miliar. Dimaksimalkan di tiga bidang. Meliputi kesehatan, pemberdayaan ekonomi, dan jaminan sosial. ‘’Sampai akhir Mei dicairkan dalam dua tahap,’’ kata Ketua Satgas Penanggulangan Covid-19 Ponorogo Agus Pramono Senin (1/6).

Tahap pertama dicairkan Rp 4 miliar dan kedua Rp 6 miliar. Beberapa belanja yang menggunakan dana BTT antara lain pengadaan alat pelindung diri (APD) serta biaya penyiapan selter bagi pasien dalam pengawasan (PDP) di gedung perpustakaan daerah. Pun isolasi mandiri di gedung dinas sosial dan kantor kecamatan. ‘’BTT juga digunakan untuk membiayai penanganan di rumah sakit dan dinas kesehatan,’’ beber sekretaris daerah Ponorogo itu.

BTT pemkab, kata Agus, awalnya hanya Rp 5 miliar. Namun, pemerintah pusat menginstruksikan daerah untuk realokasi. Anggaran program-program infrastruktur dan belanja lainnya dialihkan untuk penanganan Covid-19 di daerah. ‘’Dari refocusing berbagai anggaran tersebut, terkumpul Rp 95 miliar,’’ ujarnya.

Sehingga, terhitung akhir Mei, penggunaan BTT sudah terpakai sekitar 10,5 persen dari total anggaran yang dialokasikan. Menurut Agus, sejak awal pemkab mendukung kebijakan pusat dengan langsung merealokasi berbagai anggaran. Kecepatan realokasi membuat pemkab bisa maksimal melakukan penanganan Covid-19.

Secara spesifik, Agus menyebut ada dana Rp 9 miliar di BTT khusus untuk jaminan sosial. Namun, belum dapat dicairkan. Sebab, masih dalam proses validasi calon penerima bantuan.

Kendati demikian, berbagai bantuan dari pusat, provinsi, hingga desa juga telah dikucurkan. Realisasi jaminan sosial ini jadi atensi daerah. ‘’Kami tinggal menunggu datanya klir. Dari provinsi, bantuan untuk 10 ribu penerima sudah tuntas, harapannya dari daerah juga bisa segera disalurkan,’’ tuturnya. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close