Dalam Hitungan Menit, Rumah Didik Ludes Dilalap si Jago Merah

272
TAK ADA KORBAN JIWA: Rumah di Kalisat, Bungkal, terbakar hebat saat seluruh penghuninya tidur lelap.

PONOROGO – Habis sudah rumah Didik Purwanto, 38, Kamis (18/7). Sekitar pukul 23.30, rumah di Kalisat, Bungkal, itu dilalap si jago merah. Korsleting listrik membuat api cepat merambat ke seluruh bagian rumah. Saat kejadian, enam jiwa dari dua kepala keluarga (KK) di rumah itu sedang tertidur pulas. ‘’Sumber api dari ruang belakang,’’ kata Koordinator TRC BPBD Ponorogo Hadi Susanto.

Didik terkejut bukan kepalang saat mendapati api menyambar bagian belakang rumahnya. Seketika dia membangunkan seluruh anggota keluarganya dan bergegas keluar. Dalam hitungan menit, api menyambar seluruh bagian rumah. ‘’Warga berdatangan berusaha memadamkan api,’’ ujarnya.

Namun, upaya warga sia-sia lantaran api terus berkobar. Bahkan terdengar ledakan beberapa kali dari dalam rumah. Menyebabkan kobaran semakin membesar. Satu jam berselang, petugas gabungan tiba di lokasi kejadian. Lambatnya kedatangan lantaran terkendala medan dan jauhnya lokasi dari markas damkar. ‘’Saat api berhasil dipadamkan, rumah sudah ludes,’’ ungkapnya.

Hadi memastikan sumber kebakaran korsleting listrik dari kulkas. Timbul percikan api dan menyambar sepeda motor di dekatnya. Dari situlah api merembet ke seluruh bagian rumah. Tidak ada korban jiwa. Namun, kerugiannya ditaksir ratusan juta. ‘’Seluruh keluarga harus mengungsi,’’ tuturnya. (mg7/c1/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here