Cyclist India Tertantang Srambang KOM

166

MADIUN – Srambang KOM Challenge 2018 tak hanya menarik animo cyclist tanah air. Penggila sepeda dari luar negeri pun merasa penasaran menaklukkan tanjakan Srambang. Gobikrishnan Mohan tak pernah sekalipun gowes di wilayah Ngawi. Namun, cyclist 29 tahun asal India itu nekat menjajal karena penasaran. ’’Tidak ada salahnya mencoba, untuk menambah pengalaman,’’ kata Krishnan –sapaan akrab Gobikrishnan Mohan– kepada Jawa Pos Radar Madiun.

Urusan pekerjaan membuat Krishnan harus boyongan ke Jakarta tahun ini. Rupanya, Krishnan turut memboyong sepeda balap kesayangannya. Bagaimana Krishnan bisa cinta dengan olahraga bersepeda? Rupanya, karena terbiasa. Kala dia tinggal di London, Inggris, beberapa tahun silam, Krishnan acap menggunakan sepeda sebagai sarana transportasi sehari-hari. Lambat laun, fungsi sepeda baginya tak hanya sebagai alat transportasi. Namun juga sarana rekreasi dan olahraga. ‘’Di sana sangat umum bekerja dan beraktivitas menggunakan sepeda,’’ ujarnya.

Kebiasaan bersepeda ikut dibawa Krishnan ke Indonesia. Pekerjaan mengharuskan Krishnan untuk bepergian Jakarta-Surabaya beberapa kali dalam sepekan. Di mana pun dia bekerja, dia selalu membawa serta sepedanya. Krishnan bahkan mengaku pernah bersepeda sampai Sidoarjo atau Mojokerto. Minimal, kata dia, empat kali dalam seminggu. ’’Seringkali hanya sepeda di kota-kota. Tapi, kalau weekend, bisa cukup jauh,’’ tutur pria kelahiran Chennai itu.

Krishnan rupanya belum pernah sekalipun menjajal event bersepeda tanah air. Terakhir dia mengikuti event cycling di India. Dengan pengalaman yang tak begitu banyak di event cycling, Krishnan tak berpikir dua kali menjajal Srambang KOM Challenge 2018. Krishnan pun tahu bahwa medan yang menanti di Srambang cukup menantang. Namun, dia tetap tak gentar. Baginya, perlu mencoba kesulitan untuk menguji limit diri sendiri. ’’Saya tahu elevasinya tinggi. Ini baik untuk mendorong diri saya lebih kuat lagi,’’ ucapnya.

Sabtu mendatang, Krishnan akan ikut serta gowes ke Srambang bersama sejumlah temannya sesama cyclist dari Jakarta dan Surabaya. Sejumlah persiapan sudah dilakukan. Dia mengaku tak sabar menanti karena event itu akan menjadi pengalamannya pertama menjajal event bersepeda di Indonesia. Pun, event yang menguji ketahanan di tanjakan. ’’Selain itu, event Srambang KOM Challenge 2018 menjadi personal challenge bagi saya,’’ imbuh Krishnan. (naz/c1/ota)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here