Curi Pisang Raja, Dihajar Warga

76

NGAWI – Agus Riyanto gelap mata. Pria 33 tahun asal Desa Carangrejo, Kecamatan Sampung, Ponorogo, ini berulang kali mencuri pisang. Ulah panjang tangannya terbongkar setelah tepergok menggasak setandan di Dusun Ketanggi Kidul, Desa Kartoharjo, Ngawi, dini hari Selasa (21/5). Dia sempat menjadi bulan-bulanan warga sebelum akhirnya digelandang ke kantor polisi setempat. ‘’Salah seorang warga sengaja mengintai pelaku saat hendak melancarkan aksinya,’’ kata Kapolsek Ngawi AKP Kristianto.

Sekitar pukul 01.15, Agus dipergoki memarkirkan Honda Supra AE 5370 PK miliknya di sekitar kebun sasaran. Tak merasa ada yang menguntitnya, dia pun cekatan memotong setandang pisang raja. Dia pun tergeragap begitu mendengar warga meneriakinya maling. Spontan, dia mencoba kabur dengan memanggul setandan pisang curian. Sebelum menggeber motor, Agus malah terjatuh. Salah seorang memukulnya dengan balok kayu dan disusul warga lain yang turut mengerumuninya. Beruntung, aparat cepat datang ke lokasi kejadian. Mengamankan pelaku dari amukan massa dan menggelandangnya ke Mapolsek Ngawi. ‘’Hasil pemeriksaan, pelaku sudah mencuri di beberapa tempat lain malam itu. Kami amankan tiga tandan pisang,’’ ungkap Kristianto.

Di depan penyidik, Agus mengaku survey kebun sasaran sebelum melancarkan aksinya. Siang atau sore harinya, dia sudah menandai tandan pisang yang sudah ranum. ‘’Karena pisang raja, tiap tandan dijualnya Rp 150 ribu,’’ pungkasnya. (den/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here