Cukupi Kebutuhan Dapur dari Halaman Rumah Sendiri

11
KREATIF: RPL PKK Kutu Wetan juga menghasilkan berbagai produk kreatif hingga membudidayakan lele.

PONOROGO – Cukup dari halaman rumah, kebutuhan keluarga bisa tercukupi. Bagaimana caranya? TP PKK Ponorogo menggagas cara jitu. Melalui program rumah pangan lestari (RPL). Halaman rumah bisa dimanfaatkan untuk menanam berbagai bahan untuk bumbu dapur.

Kemarin (8/3) Ketua TP PKK Sri Wahyuni Ipong Muchlissoni melihat langsung betapa bermanfaatnya program tersebut di Kutu Wetan, Jetis. Dia juga menyuntik semangat ibu-ibu PKK setempat untuk memacu kreativitas dan inovasi. ‘’Ini bisa mengirit pengeluaran keluarga, karena beberapa kebutuhan bisa didapat dari halaman rumah sendiri,’’ kata Wahyuni kemarin.

Wahyuni juga dibuat takjub dengan ’’ramainya’’ halaman rumah kades Kutu Wetan yang disulap oleh Kelompok Wanita Tani Poh Sari (bagian dari PKK Kutu Wetan) sebagai tempat RPL. Di sana ditanami bahan dapur seperti cabai rawit hingga daun bawang prei. ‘’Halaman rumah jangan disemen, biarkan tanah saja. Supaya bisa ditanami berbagai tanaman kebutuhan keluarga. Kalau waktunya panen padi, ganti untuk menjemur padi,’’ jelasnya.

Perempuan yang akrab disapa Bu Ipong itu juga mengapresiasi kegigihan PKK Kutu Wetan dalam mengembangkan ekonomi kreatif warganya. Pasalnya, selain dimanfaatkan untuk RPL, halaman rumah juga dimanfaatkan membudidayakan ikan lele. Ibu-ibu PKK Kutu Wetan juga menelurkan berbagai produk kreatif seperti tas anyaman serta berbagai olahan kuliner berbahan lele seperti nugget lele. ‘’Ini sangat inovatif, bisa membuat berbagai produk seperti itu. Mungkin ibu juga bisa membuat peyek berbahan lele,’’ seloroh Wahyuni.

Wahyuni percaya, RPL dan produk kreatif yang dikembangkan PKK Kutu Wetan dapat menjelma menjadi pintu kesejahteraan keluarga. Dia pun meyakini bahwa berbagai inovasi bisa mengantarkan PKK Kutu Wetan meraih prestasi. ‘’Saya yakin PKK Kutu Wetan bisa berprestasi berkat inovasi mereka selama ini. Ini harus menjadi contoh bagi PKK desa maupun kelurahan lain,’’ tegasnya. (naz/c1/fin/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here