Cuaca Mendukung Nyamuk Berkembang Biak

102

PACITAN – Puncak musim hujan belum berlalu di Pacitan. Meski beberapa hari terakhir sempat diselingi panas terik layaknya kemarau. Anomali cuaca tersebut cukup mengganggu aktivitas warga. Namun, bagi serangga,  terutama nyamuk, kondisi cuaca tersebut sangat mendukung untuk berkembang biak.

Karena itu, warga diimbau untuk tak henti melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Mengingat telur nyamuk dapat bertahan enam bulan meski dalam suhu kering. Dalam sekali bertelur, mencapai puluhan. ‘’Awasi juga cekungan pada batang pohon. Di situ juga berpotensi,’’ kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (PPP) Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan Wawan Kasianto kemarin (17/2).

Tindakan tersebut terbukti manjur dilakukan beberapa puskesmas. Antara lain Puskesmas Gondosari dan Donorojo. Tahun lalu serangan demam berdarah dengue (DBD) di Gondosari lumayan tinggi. Namun, tahun ini minim. ‘’Di Donorojo juga minim karena cara PSN di puskemas itu bagus,’’ ujar Wawan.

Sebelumnya, Sekdakab Pacitan Suko Wiyono mengungkapkan, hingga pekan ketujuh 2019 jumlah penderita DBD di Pacitan turun. Dari 55 kasus pada pekan kelima, turun jadi 32 kasus pada pekan selanjutnya. Pada pekan ketujuh hanya 11 kasus yang tercatat di 24 puskesmas. Dia optimistis bakal terus ditekan. ‘’Kita harapkan semakin menurun,’’ ucapnya.

Meski demikian, Suko berharap warga bersabar menunggu fogging. Sebab, permintaan sangat tinggi dibanding jumlah alat dan petugas di masing-masing puskesmas. Sehingga, harus menerapkan skala prioritas untuk fogging. ‘’Setiap permintaan yang masuk tetap kami usahakan dilayani, tapi harus antre,’’ terangnya.

Di lain pihak, Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan memprediksi musim penghujan bakal berlangsung hingga April mendatang. Intensitasnya sedang hingga lebat. Pun diselingi cuaca panas beberapa hari. ‘’Tak jauh beda dengan beberapa hari terakhir, panas dan hujan diperkirakan akan terus bergantian,’’ jelas Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Pacitan Dianita Agustinawati. (mg6/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here