Coblosan Usai, KPU Sibuk Input Data Form C-1 ke Situng

65

MADIUN – Logistik pemungutan suara Pemilu 2019 Kabupaten Madiun di seluruh tempat pemungutan suara (TPS) telah didistribusikan ke 15 panitia pemilihan kecamatan (PPK), Kamis (18/4). Penyelenggara pesta demokrasi mulai disibukkan proses memasukkan data formulir C-1 atau hasil penghitungan suara ke Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) sebagai laporan ke KPU RI. ‘’Pendistribusian dimulai pukul 04.30 tadi (kemarin) dan petugas sudah mulai input data C-1,’’ kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Madiun Anwar Soleh Azarkoni.

Anwar belum bisa membeber perolehan suara pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg) tiga tingkatan, yakni DPR RI, DPRD Jawa Timur, dan DPRD Kabupaten Madiun. Sebab, C-1 masih dimasukkan lewat proses Situng. Akan tetapi, publik bisa mengetahui perkembangan terkini penghitungan dengan memantau laman resmi KPU. Persentase perolehan suara terus bertambah seiring berjalannya input data. Akses itu sebagai bentuk keterbukaan KPU ke masyarakat. ‘’Tidak bisa memprediksi kapan input C-1 tuntas. Kami berusaha secepat mungkin menyelesaikannya,’’ paparnya.

Radar Caruban menerima hasil perolehan suara pilpres di 38 kota/kabupaten Jatim dari pesan WhatsApp kemarin. Rekapitulasi yang menamakan sumber KPU Jatim itu menyebutkan perolehan Kabupaten Madiun untuk paslon 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin sebanyak 177.992 atau 42,58 persen dan 240.002 atau 57,42 persen untuk paslon 02 Prabowo Subianto. Dimintai konfirmasi, Anwar menyebut rekapitulasi itu tidak dapat dipertanggungjawabkan. Sebab belum ada pengumuman resmi dari KPU Jatim. Dia enggan mengomentari seandainya data itu hasil proses hitung cepat salah satu lembaga. ‘’Kami menunggu real count yang sedang berjalan, harap bersabar,’’ pintanya.

Menurut Anwar, hasil pindai C-1 menjaga keakuratan data jumlah suara. Data yang sudah tersimpan aman itu bisa dikeluarkan lagi sebagai seandainya ditemukan ada ketidakcocokan saat proses Situng. Artinya, data yang sudah masuk tidak bisa dimanipulasi. ‘’Kemungkinan itu kecil karena langsung dilaporkan ke KPU pusat,’’ ucapnya. (fat/cor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here