Fungsi CFD Tak Jalan, Nitizen Curhat di Medsos

174
TIDAK BERUBAH: Kegiatan CFD di Alun-Alun Merdeka tetap dilaksanakan setiap Minggu pagi.

NGAWI – Pelaksanaan car free day (CFD) dalam beberapa pekan terakhir mendapat kritik sejumlah warga. Pemicunya, fungsi CFD yang sebenarnya, yakni lokasi steril dari kendaraan, tidak berjalan. Banyak motor maupun mobil yang masuk ke area Alun-Alun Merdeka.

Beberapa hari terakhir, isu tersebut menjadi perbincangan hangat di jagad media sosial (medsos). Pun, Andhika Wahyu Pratama, salah seorang netizen, menyoroti fenomena tersebut melalui akun Facebook-nya.

Dalam posting-annya, Andhika mempertanyakan alasan pihak penyelenggara CFD tidak menutup ruas jalan sekitar alun-alun pada Minggu lalu (14/7). Padahal, kala itu banyak anak yang bersepeda dan ibu-ibu yang sedang bersenam pagi.

Posting-an itu pun menuai berbagai komentar. Sebagian besar ikut menyayangkan dan berharap segera ada langkah penertiban oleh pihak terkait. Apalagi, kegiatan CFD semakin diminati masyarakat.

Kasi Dal Ops Dinas Perhubungan (Dishub) Ngawi Putut Yuliarto saat dikonfirmasi menyatakan bahwa saat itu kegiatan CFD ditiadakan. Sebab, sedang ada acara di kawasan alun-alun terkait momen Hari Jadi ke-661 Ngawi. ’’Waktu itu memang tidak ada petugas kami yang melakukan penutupan jalan seperti pada kegiatan CFD biasanya,’’ terang Putut.

Selama momen hari jadi lalu, lanjut dia, ada beberapa kegiatan yang dipusatkan di Alun-Alun Merdeka dan Pendapa Wedya Graha. Dikhawatirkan jika jalan ditutup, para tamu dari luar daerah kesulitan menuju lokasi acara. ‘’Makanya tidak ditutup jalurnya,’’ ucapnya.

Lalu, kapan kegiatan CFD normal kembali? Putut menjelaskan, sebenarnya tidak ada perubahan jadwal CFD. Tetap hari Minggu seperti biasanya, meski berbarengan acara peringatan hari jadi. Persoalannya, tidak ada tembusan dari panitia ke dishub saat alun-alun dan pendapa menjadi venue acara. ‘’Mestinya paling tidak dua hari sebelum pelaksanaan CFD sudah ada permintaan jalur dibuka karena ada acara tertentu,’’ pungkasnya. (tif/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here