Cerita Beny Santoso yang Sembuh dari Hepatitis A

36
SUDAH PULIH: Beny Santoso, warga Desa/Kecamatan Sudimoro, lima hari berjuang melawan penyakit hepatitis A.

Ungkapan semangat itu ada di benak Beny Santoso. Berkat kekuatan pikiran itu, dia sanggup melawan rasa sakit hepatitis A. Kondisinya perlahan membaik seiring tertanggulanginya penyakit yang mewabah dua bulan lalu itu.

————-

DENI KURNIAWAN, Pacitan, Jawa Pos Radar Pacitan

KONDISI kesehatan Beny Santoso belum sepenuhnya pulih. Setelah menjalani pengobatan penyakit hepatitis A yang dideritanya, 6 Juni lalu. Warga Dusun Gandusari, Desa/Kecamatan Sudimoro, Pacitan, ini masih terbata-bata dalam berbicara. Penglihatannya juga masih kabur. ‘’Mungkin karena terbiasa di lapangan, jadi saya tidak merasa kalau tertular,’’ katanya.

Beny adalah seorang aktivis bidang sosial-kesehatan desanya. Bersama anggota Komunitas Jogoboyo, dia ikut membantu warga desa yang terjangkit hepatitis A. Bolak-balik mendatangi dua puskesmas di Kecamatan Sudimoro. ‘’Karena tidak begitu paham tentang hepatitis A, saya sempat ragu ketika mendapati vonis tertular,’’ ujarnya.

Hingga kini Beny tidak punya gambaran dari mana dan lewat apa bisa tertular penyakit kuning itu. Pria 35 tahun ini hanya memikirkan bagaimana bisa segera sembuh. Tubuhnya yang lemas itu harus bisa memperoleh asupan gizi. ‘’Untungnya tidak sampai rawat inap. Saya sakit hanya lima hari,’’ papar bapak dua anak ini.

Selama lima hari, lidah Beny hanya mengecap rasa pahit. Apa pun jenis makanan yang masuk mulutnya terasa tidak enak. Kecuali ketela dan mbothe yang bisa tertelan. Umbian-umbian itu membuat lemas tubuhnya berkurang. ‘’Hanya itu yang enak di lidah,’’ ungkapnya.

Hepatitis A tidak membatasi Beny berinteraksi dengan keluarga. Dia memahami cara agar anak dan istrinya tidak ikut tertular. Salah satunya meningkatkan kebersihan dengan mencuci peralatan makan dan cuci tangan menggunakan sabun di air mengalir. ‘’Tanpa mengurangi waktu dengan keluarga, anak dan istri tidak tertular,’’ ucap suami Khamsiatin tersebut. (den/c1/cor)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here