Mejayan

Cegah Penyebaran Covid-19, Salat Id di Masjid Quba Ditiadakan

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Pandemi Covid-19 yang belum bisa dijinakkan membuat Pemkab Madiun mengeluarkan banyak ketentuan menjelang Lebaran. Seperti meniadakan salat Idul Fitri (Id) di Masjid Agung Quba. ‘’Ketentuan itu diberlakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19,’’ kata Bupati Madiun Ahmad Dawami Kamis (21/5).

Keputusan tersebut mempertimbangkan sejumlah aspek. Salah satunya, antisipasi membeludaknya jamaah yang tidak bisa masuk ke masjid. Sebab, saat Lebaran, jumlah jamaah bisa mencapai ribuan orang. Sementara itu, dalam SOP yang berlaku, setiap orang diberi jarak 1–2 meter, baik dari samping maupun belakang.

Daya tampung Masjid Agung Quba saat pandemi ini hanya seperempat dari biasanya. Artinya, jika sebelumya mampu menampung 200–300 orang, kini hanya puluhan jamaah.

Meski demikian, masyarakat diminta tetap menjalankan salat Id di rumah. Meskipun pelaksanaannya tanpa khotbah. Salat Id bisa juga dilaksanakan sendirian. Terutama di wilayah zona merah. Meliputi Kecamatan Geger, Kebonsari, Dagangan, Wungu, Jiwan, Balerejo, Mejayan, dan Saradan. ‘’Ketentuan itu sudah ditekankan kepada wilayah masing-masing. Masyarakat akan saling menjaga. Posko-posko yang ada di desa akan dimaksimalkan,’’ ujar kepala daerah yang akrab disapa Kaji Mbing tersebut.

Kendati begitu, pihaknya tidak melarang sepenuhnya salat Id berjamaah digelar di wilayah zona merah. Asalkan para pengurus masjid mampu menerapkan protokol kesehatan. Seperti jarak antarsaf minimal satu meter. Serta tidak bersalaman selepas salat. Selain itu, jamaahnya harus warga lingkungan sekitar. ‘’Di zona hijau agar memperbanyak tempat salat Id. Sehingga tidak terpusat di satu masjid saja,’’ jelasnya.

Tidak hanya itu, untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 pihaknya juga menganjurkan kepada masyarakat tidak melakukan kegiatan silaturahmi Lebaran. Berdasarkan surat edaran (SE) yang telah ditekennya, tradisi bermaaf-maafan ketika Lebaran dapat dilakukan melalui media sosial. (den/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close