Cari Solusi Beri Reward Atlet Berprestasi

85

MAGETAN – Pembalap Mario Surya Aji dan Adenanta Putra sebenarnya sudah mengharumkan nama Indonesia di kancah motosport internasional. Hanya, anggota dewan menuding perhatian yang diberikan oleh pemkab kepada dua rider junior asal Magetan itu kurang. ‘’Masa depan mereka harus diperhatikan,’’ kata Wakil Ketua DPRD Magetan Suratman.

Dia berharap ada jaminan dari pemkab di luar kemampuan mereka menunggangi kuda besi. Apalagi, belum tentu kiprah mereka berdua bertahan di dunia balap motor. Kendati saat ini keduanya, baik Mario maupun Adenanta, tengah mencicipi masa emas di masing-masing ajang yang mereka ikuti. ‘’Jangan hanya memberikan ucapan selamat dan doa. Harus ada jaminan konkret,’’ ujar Suratman.

Yang jelas, menurut Suratman, dukungan kepada kedua atlet itu tidak bisa sebatas moril. Tapi, juga harus ada dukungan secara materiil. Meskipun Mario dan Adenanta tidak berada di bawah naungan KONI Magetan. ‘’Bentuknya (dukungan bantuan, Red) seperti apa, masih dirumuskan,’’ tutur politisi Partai Golkar itu.

Kendati begitu, Suratman mengungkapkan pemberian dukungan semacam itu harus mengikuti siklus anggaran. Semisal pada saat pembahasan bakal dicek anggaran yang ada saat ini. Jika dirasa terlalu kecil, bakal diupayakan masuk dalam perubahan anggaran keuangan (PAK) 2019. Yang pasti, kata dia, keberadaan atlet di Magetan harus mendapat perhatian dari pemkab. ‘’Karena keberadaan mereka ini sangat berpengaruh pada daerah. Sebab, orang dari luar daerah maupun luar negeri bisa mengenal Magetan,’’ katanya.

Tapi, sebelum itu, proses inventarisasi lebih dulu dilakukan. Seperti pendataan atlet berikut prestasi yang mereka dapat. Suwardi misalnya. Petarung mixed martial arts (MMA) itu penampilannya di atas matras memang moncer. Bahkan, dia melambungkan nama Magetan dengan julukannya sebagai Becak Lawu. Di luar itu, ada nama Subani sebagai atlet tenis meja. ‘’Banyak sekali atlet yang berprestasi tapi masih belum mendapatkan perhatian dari pemkab,’’ ungkap Suratman. (bel/c1/her/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here