Cap Go Meh, Usung Nuansa Jawa di Kelenteng

55

NGAWI – Momen Cap Go Meh dirayakan sejumlah warga keturunan Tionghoa di Ngawi secara spesial. Yakni, menggelar sembahyang di kelenteng setempat tadi malam. Juga pertunjukan barongsai yang didatangkan dari Kota Madiun.

Yang menarik, ada nuansa tradisional Jawa dalam perayaan Cap Go Meh kali ini. Itu ditandai dengan pentas wayang kulit semalam suntuk di kelenteng nanti malam. ‘’Meskipun tidak semeriah daerah lain, tapi perayaan seperti ini rutin diadakan setiap tahun,’’ ungkap Djion Lon, salah seorang pengurus Kelenteng Sien Hien Kiong, kemarin (19/2).

Jono –sapaan akrab Djion Lon- menyebut, warga keturunan Tionghoa di kabupaten berpenduduk hampir 1 jiwa ini hanya berkisar 200. ‘’Itu pun ada yang sudah menganut agama lain, jadi tidak ikut merayakan Imlek maupun Cap Go Meh di kelenteng,’’ tuturnya kepada Radar Ngawi.

Hari Priyonggo, pengurus kelenteng lainnya, menambahkan, Cap Go Meh yang merupakan puncak rangkaian perayaan tahun baru Imlek juga diwarnai tradisi silaturahmi dengan kerabat layaknya perayaan Lebaran di kalangan muslim. ‘’Intinya, mensyukuri apa yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa,’’ ucapnya. (tif/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here