Caleg Gagal Berpotensi Depresi, RSUD Soeroto Ngawi Siapkan Kamar Khusus

109

NGAWI – Gagal menduduki kursi DPRD, calon legislatif (caleg) mengalami gangguan kejiwaan karena sudah keluar banyak duit. Potensi itu ditangkap RSUD dr Soeroto dengan menyiapkan kamar khusus bagi caleg yang mengalami depresi berat. ‘’Pemilu sebelumnya (2014, Red) juga ada (caleg gagal) yang masuk kamar khusus, tapi hanya sebentar,’’ kata Kepala Ruang Teratai RSUD dr Soeroto Ngawi Budi Supriyanto kemarin (21/3).

Budi menuturkan, kamar khusus caleg depresi berat yang disiapkan itu hampir sama dengan kamar pasien umum lainnya di Ruang Teratai. Ada tempat tidur maupun fasilitas lain seperti kipas angin dan kamar mandi. Bedanya, kata dia, di sebelah bed pasien disiapkan rantai besi. ‘’Untuk antisipasi kalau pasien berulah membahayakan orang lain,’’ jelasnya.

Dia menyebut, penyediaan kamar khusus berukuran sekitar 3×4 meter itu hanya bersifat insidental. Ketika tidak ada momen pileg seperti tahun ini, kamar tersebut digunakan layaknya kamar pasien biasa. ‘’Kalau pemilu sudah selesai, dikembalikan ke fungsi awalnya,’’ ungkap Budi.

Menurut dia, caleg yang mengalami depresi tidak serta merta dimasukkan kamar khusus tersebut. Itu dengan catatan kondisinya relatif stabil dan tidak berpotensi mencelakai orang lain. ‘’Kalau kondisinya stabil bisa dirawat di kamar biasa bersama pasien lain,’’ imbuhnya.

Sekadar diketahui, berdasarkan data di KPU Ngawi, pada pileg tahun ini sebanyak 458 caleg dari 16 partai politik akan berebut 45 kursi DPRD setempat. Artinya, ada 413 orang yang kelak tereliminasi. Tidak menutup kemungkinan sebagian dari caleg yang gagal itu mengalami depresi, baik ringan maupun berat. (tif/c1/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here