Bus Angkut Arjo, Kondektur-Kernet Diamankan

1913

NGAWI – Dua awak bus Sugeng Rahayu (SR) nopol W 7188 UY diamankan polisi. Itu terjadi setelah petugas mendapati puluhan botol arak jowo (arjo) di dalam bus tersebut. ‘’Akan kami terus kami dalami kasus ini,’’ kata Kabag Ops Polres Ngawi Kompol Wahono, Selasa (24/4).

Kedua awak bus yang terdiri kondektur dan kernet itu dibekuk saat kendaraan transit di Terminal Kertonegoro sekitar pukul 04.15, usai menempuh perjalanan dari Solo. Namun, kepada petugas, keduanya mengaku arjo tersebut bukan miliknya.

Wahono mengatakan, saat digeledah, dalam bagasi belakang bus jurusan Jogja-Surabaya itu ditemukan 36 liter arjo yang dikemas dalam 24 botol bekas air mineral. Puluhan botol minuman haram itu disimpan dalam dua karung. ‘’Sebelumnya kami mendapat informasi dari masyarakat bahwa di dalam bus terdapat miras,’’ ungkapnya.

Hery Setyono, 32, kernet asal Magetan dan Imron Rosidi, 49, kondektur asal Mojokerto, itu pun langsung digelandang ke mapolres. ‘’Kasus seperti ini (bus mengangkut arjo, Red) baru kali pertama terungkap, kemungkinan sudah lama berlangsung,’’ imbuh Wahono.

KBO Narkoba Ipda Jais Bintoro yang memimpin Operasi Tumpas Miras menambahkan, pihaknya masih menelusuri pemilik 36 liter ciu tersebut. Kernet dan kondektur, kata dia, menyebut si pemilik arjo turun di simpang empat Pilangasri, Sragen. ‘’Katanya penumpang itu naik dari luar terminal Tirtonadi Solo,’’ ungkapnya.

Jais mengatakan, kernet dan kondektur itu mengaku tidak mengetahui dua karung yang dibawa penumpangnya tersebut. Pun empat penumpang yang berada di dalam bus memberikan keterangan yang sama. ‘’Kondektur dan kernet kami amankan, sedangkan empat penumpang kami alihkan ke bus lain,’’ ujarnya. (mg8/isd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here