Bupati Pacitan Instruksikan Ngopi OPD-Wartawan Triwulanan

115

PACITAN – Pemkab Pacitan menjadikan peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 sebagai momentum untuk lebih terbuka kepada insan pers. Bupati Pacitan  Indartato pun menginstruksikan pertemuan triwulanan antara pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) dengan wartawan. ‘’Saya kira setiap tiga bulan sekali menggelar coffee morning  itu bagus. Karena hubungan informal lebih bagus ketimbang formal,’’ katanya.

Statemen Pak In –sapaan Bupati Indartato– itu dilontarkan pada akhir kegiatan coffee morning memperingati HPN 2019 di Halking (Halaman Wingking) Pendapa Pacitan kemarin (8/2). Dia bakal menghadirkan seluruh pimpinan OPD untuk mengikuti sesi ngobrol santai sembari ngopi dengan para wartawan di Pacitan.

Kesempatan tersebut, lanjut Pak In, bisa untuk bahan berita. Dia tidak keberatan dengan materi liputan. Berita baik atau buruk dianggap wajar. Pasalnya, berita buruk jadi kritikan untuk peningkatan kinerja jajarannya. ‘’Yang baik dikatakan baik, yang jelek dikatakan jelek. Sehingga kepercayaan masyarakat termasuk kepada saya juga meningkat,’’ ujarnya.

Menurut dia, pers jadi penghubung antara pemerintah dengan masyarakat. Tidak heran jika Pak In minta kerja sama antara pemerintah dan jurnalis terjalin mesra. Harapannya data yang diberikan berdasarkan fakta. Sedangkan rencana coffee morning triwulanan itu salah satunya muncul dari keluhan sebagian awak media yang kesulitan bertemu pimpinan OPD. ‘’Itu sebagai bukti transparansi kami selain melalui Wadule Pacitan dan aplikasi Likin,’’ tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut sempat diceritakan pula aksi damai yang digelar para awak media Rabu lalu (6/2). Kejadian tersebut terjadi akibat kata-kata oknum aparatur sipil negara (ASN) yang menyinggung profesi wartawan. Para jurnalis berharap kejadian tersebut tidak terulang. Meski begitu, permintaan tersebut juga diikuti permintaan maaf. ‘’Kami juga minta maaf kalau ada kegaduhan seperti kemarin,’’ ucap Danur Sumbo, orator aksi tersebut.

Coffee morning kemarin dihadiri sekitar 30 awak media. Baik cetak, elektronik, maupun online. Sedangkan Pak In didampingi Wakil Bupati Yudi Sumbogo, Sekretaris Daerah Suko Wiyono, sejumlah staf ahli, dan asisten pemerintahan Setdakab Pacitan. Kegiatan dimulai pukul 07.00 dan berakhir pukul 09.00. (odi/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here