BUPATI IPONG: Semua Saudara, Mari Bersikap Dewasa

46

PONOROGO – Pemilu sudah berakhir. Masyarakat sudah menyalurkan hak suaranya. Sementara, KPU terus merekapitulasi hasil perolehan suara dari seluruh TPS. Kini, saatnya kembali ke rutinitas dan melupakan perbedaan sewaktu di bilik suara. ‘’Masyarakat harus terus menjaga kerukunan. Kembali menjadi saudara, teman, atau tetangga yang baik seperti sedia kala sebelum pemilu,’’ ujar Bupati Ipong Muchlissoni.

Pemilu kini semakin maju dari gelaran-gelaran sebelumnya. Quick count, exit poll, maupun real count bertebaran hanya berselang jam dari pemungutan. Memberikan masyarakat gambaran mengenai hasil pemilu. Ipong meminta, masyarakat tetap bijak dalam menyerap setiap informasi. ‘’Penghitungan yang banyak disajikan media massa itu adalah ilmu yang sudah sering digunakan untuk mengkalkulasi sebuah kontestasi politik. Meskipun, saya meyakini hasil riil dari KPU tidak akan jauh dari itu,’’ tegasnya.

Tiap lembaga boleh menyajikan hasil survei yang berbeda. Hal itu, kata Ipong, tidak boleh menjadi pembenar bagi masyarakat untuk terpecah belah. Dia mengimbau kepada warga Bumi Reyog untuk tetap guyub rukun menjaga persatuan. Pemilu, menurut dia, tak lebih dari sebuah kontestasi demokrasi yang tidak perlu disikapi berlebihan. ‘’Ketika sudah selesai, ya sudah selesai. Mari kembali ke rutinitas masing-masing. Bekerja dan memberi sumbangsih kepada masyarakat dan negara sesuai bidang yang dikuasai,’’ pesannya.

Ipong berharap kedua belah pendukung, baik Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin, maupun Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, untuk bersikap dewasa. Pemenangnya tak boleh jemawa dan yang kalah tak boleh berlarut dalam kesedihan. ‘’Pada akhirnya, semua hanyalah bagian dari sebuah kontestasi demokrasi. Semua paslon sama baiknya dalam memajukan bangsa dan negara,’’ tukasnya. (naz/fin)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here