Bupati Bangga Ngawi Disinggahi Pembalap Tour d’Indonesia 2019

41
ADU CEPAT: Lyons Angus (jersey hijau) adu sprint dengan cyclist lain beberapa meter menjelang finis.

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Etape pertama Bank BRI Tour d’Indonesia menempuh rute Magelang-Ngawi berjalan lancar. Senin (19/8) sebanyak 90 cyclist dari 23 negara berhasil finis di Ngawi usai melahap jarak 182,7 kilometer.

Lyons Angus dari Oliver’s Real Food Racing Australia finis pertama. Disusul Roth Ryan dari Xspeed United Continetal Hongkong dan Vogt Mario dari tim Sapura Cycling Malaysia. Selain meraih podium kedua, Roth Ryan juga menyabet gelar raja tanjakan.

Mereka bersama para juara kategori lainnya mendapatkan hadiah yang penyerahannya dilakukan oleh Forkopimda Ngawi. ‘’Kami bangga Ngawi kembali disinggahi para pembalap Tour d’Indonesia,’’ kata Bupati Budi ’’Kanang’’ Sulistyono.

Kanang berharap, Tour d’Indonesia memberikan dampak positif bagi daerahnya, terutama bidang pariwisata. Setidaknya, keikutsertaan para cyclist asing bisa menjadi penyambung lidah bagi kerabat atau teman-temannya untuk berkunjung ke Ngawi.

Sedangkan dari sisi sport, kata Kanang, Tour d’Indonesia yang melintasi Ngawi diharapkan mampu memotivasi bagi para cyclist lokal yang memiliki obsesi menjadi pembalap nasional. ‘’Mudah-mudahan ini bisa jadi penyemangat mereka,’’ harapnya.

Sukses Ngawi menjadi tuan rumah finis etape pertama Tour d’Indonesia sekaligus memberikan peluang ditunjuk kembali pada gelaran event serupa tahun depan. ‘’Kami akan perbaiki lagi fasilitasnya, wisatanya, kulinernya, supaya kesan mereka terhadap Ngawi ini semakin baik,’’ tutur Kanang.

Ketua PB ISSI Raja Sapta Oktohari mengaku terkesan dengan sambutan luar biasa yang diberikan warga dan Pemkab Ngawi. ‘’Secara track bagus. Kami juga melihat masyarakat Ngawi cukup dekat dengan sepeda,’’ sebutnya.

Gelaran Bank BRI Tour d’Indonesia tahun ini terasa lebih spesial karena dihadiri Director Union Cycliste Internasional Frederic Magney. Dalam konferensi persnya, dia menyatakan kekagumannya terhadap event balap sepeda di Indonesia. Frederic juga mengaku terkesan dengan sambutan yang diberikan pemkab dan masyarakat Ngawi. ‘’This is fantastic,’’ ucapnya. (tif/c1/isd/adv)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here