Buka Kembali Rekrutmen CPNS dan PPPK

425

PACITAN – Pelan-pelan kekurangan aparatur sipil negara (ASN) di Pemkab Pacitan bakal teratasi. Usai menerima 214 pegawai negeri sipil (PNS) dan 253 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK), rekrutmen bakal kembali dibuka dalam waktu dekat. ‘’Waktunya kami masih menunggu perkembangan informasi dari Kemen PAN-RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi),’’ kata Plt Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Pacitan Sakundoko (21/6).

Selain menunggu jadwal pelaksanaan rekrutmen, pihaknya juga menanti formasi yang disetujui Kemen PAN-RB. Sakundoko menyebut sebelumnya sudah mengajukan 363 formasi. Paling banyak untuk PPPK. Jumlahnya mencapai 273 formasi. Sedangkan CPNS hanya 90 formasi. Hanya, hingga kini pihaknya belum mendapat jawaban. ‘’Kami masih menunggu kuota yang akan disetujui. Harapan kami semua disetujui,’’ tegasnya.

Sakundoko belum membeberkan rincian formasi yang diajukan. Pihaknya juga memilih menunggu persetujuan dari Kemen PAN-RB sebelum melakukan rilis. Hanya, Asisten Administrasi Umum Setkab Pacitan menyebut formasi yang paling banyak tenaga pendidik dan kesehatan. Yakni guru dan perawat. ‘’Hanya tahun ini kami juga usulkan tenaga fungsional dan administrasi,’’ imbuhnya.

Meski rekrutmen CPNS tahun lalu pendaftar posisi dokter spesialis minim, pihaknya tidak patah arang. Tahun ini formasi tersebut kembali dibuka. Hanya, tidak semua formasi seperti tahun sebelumnya. Sekadar dokter spesialis yang diprediksi masih diminati. Patokannya pun rekrutmen CPNS tahun lalu. ‘’Formasi yang sebelumnya ada banyak pendaftar,’’ jelasnya.

Sakundoko tidak bisa berkomentar banyak terkait nasib rekrutmen PPPK sebelumnya. Pihaknya masih menunggu petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) dari Kemen PAN-RB. Tanpa petunjuk tersebut, pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa usai pengumuman rekrutmen PPPK. ‘’Kami juga berulang kali menanyakannya,’’ tuturnya. (odi/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here