Buka 308 Formasi CPPPK, Pendaftaran Lima Hari Saja

164

PACITAN – Pendaftaran penerimaan calon pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (CPPPK) Pemkab Pacitan mulai dibuka kemarin (13/2). Pendaftaran hanya digelar selama lima hari hingga 17 Februari mendatang. Beda dengan pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) sebelumnya yang mencapai 15 hari. ‘’Hari ini (13/2) sampai tanggal 17,’’ kata Plt Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan Daerah (BKPPD) Pacitan Sakundoko.

Tak ada penjelasan terkait singkatnya waktu pendaftaran tersebut. Termasuk cukup tidaknya waktu tersebut untuk persiapan pendaftar. Dia hanya mengungkap pendaftaran dibuka untuk 308 formasi. ‘’Untuk honorer K-2 (kategori dua, Red) 252 guru, (penyuluh) pertanian 56,’’ sebutnya.

Dia pun tidak mengungkap alasan dipilihnya formasi tersebut. Padahal, kekosongan juga terjadi pada posisi dokter spesialis. Itu setelah dalam penerimaan CPNS 2018 belum terisi. Sakundoko mengungkapkan, jika dokter spesialis diajukan dalam CPPPK dianggap sia-sia karena fasilitas sebagai PNS lebih menjanjikan. ‘’Pada penerimaan CPNS saja belum terisi apalagi CPPPK,’’ dalihnya.

Sementara Ketua Forum Honorer Kategori Dua (FHK-2) PGRI Pacitan Basuki menyambut baik dibukanya pendaftaran penerimaan CPPPK tersebut. Namun, dia pun heran lantaran waktu pendaftaran hanya lima hari. Menurut dia, itu terlalu singkat. Dia khawatir banyak tenaga honorer yang tidak terfasilitasi. ‘’Apalagi pengumuman penerimaan ini belum banyak didengar teman-teman tenaga honorer,’’ katanya.

Meski begitu, Basuki tidak ingin berburuk sangka. Dia bakal menginformasikan penerimaan CPPPK  tersebut. Hingga saat ini, dia masih buta terkait seleksi penerimaan CPPPK. Apakah sama seperti CNPS 2018 dengan seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB) atau tidak. Harapannya,  seleksi lebih luwes. Itu mengingat banyak tenaga honorer berusia di atas 35 tahun. ‘’Kalau yang sudah sepuh khawatirnya tidak bisa ngikuti,’’ ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, penerimaan CPPPK direncanakan digelar Januari 2019. Namun, hingga pertengahan Februari belum kunjung terwujud. Padahal sejumlah tenaga honorer yang gagal dalam penerimaan CPNS 2018 telah menunggu. Bahkan, muncul dugaan jika penerimaan CPPPK bakal menguap. (odi/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here