BPS: Angka Capaian Wajar 9 Tahun 7,01

61

PONOROGO – Data pencapaian wajib belajar (wajar) sembilan tahun yang mencuat saat Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Ponorogo 2020 beberapa waktu lalu dibenarkan Badan Pusat Statistik (BPS). Angka rata-rata lama partisipasi sekolah di Bumi Reyog pada 2017 memang tertahan di angka 7,01.

Sekalipun dinas pendidikan (dindik) setempat mengklaim lulusan SD terserap masuk SMP sederajat secara maksimal hingga jenjang SMA, BPS mengklaim data yang mereka sajikan objektif dan terukur. ‘’Apa yang disampaikan saat musrenbang itu benar, bahwa angka rata-rata lama partisipasi sekolah pada 2017 memang masih 7,01,’’ kata Kepala BPS Ponorogo Siswi Harini kemarin (27/3).

Usai musrenbang, dindik mengklaim data serupa yang dikantongi mereka sebaliknya. Kendati demikian, Siswi menyebut pihaknya punya metode tersendiri dalam melakukan survei rata-rata lama sekolah. Pun sudah berdasarkan acuan yang sama se-Indonesia. ‘’Penghitungannya satu cara, berlaku nasional. Supaya keterbandingan antara kota dan kabupaten sama,’’ ujarnya.

Siswi memaparkan, angka 7,01 didapat dari 770 responden yang tinggalnya menyebar di berbagai kecamatan. Usia yang disurvei minimal 25 tahun. Angka 7,01, kata Siswi, berarti rata-rata warga Ponorogo keluar dari jenjang pendidikan formal pada tahun ke tujuh. Atau mentok hingga kelas VII SMP sederajat. Survei tersebut satu bagian dengan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2017. ‘’Data Susenas sebagai dasar. Survei dilaksanakan Maret 2017,’’ tuturnya.

Meski masih di bawah harapan (sembilan tahun), Siswi melihat angka partisipasi sekolah terus berkembang. Dia menyebut, pada 2010 lalu, partisipasi sekolah terdampar di angka 6,12. Alias banyak warga hanya tamat SD. Pun secara keseluruhan, indeks pembangunan manusia (IPM) di Ponorogo juga menunjukkan perbaikan dari tahun ke tahun. ‘’IPM di Ponorogo terus berkembang. Hanya untuk indikator wajib belajar ini yang masih 7,01 tahun 2017 lalu. Tapi sama-sama menunjukkan perbaikan dari tahun ke tahun,’’ pungkasnya. (naz/c1/sat)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here