Magetan

BPN Kejar Target 50 Ribu Sertifikat Tanah

MAGETAN – Ribuan bidang tanah milik warga di Magetan ternyata masih belum memiliki sertifikat hak milik (SHM). Program layanan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL) menjadi kesempatan pemilik tanah untuk mengantongi SHM.

Pada 2019, Badan Pertanahan Nasional (BPN) Magetan menargetkan sebanyak 50 ribu sertifikat bisa dibagikan kepada masyarakat. Dengan harapan, SHM itu dapat dijadikan sebagai modal usaha. ‘’Pada tahun ini, pertumbuhan sektor usaha terkait pembiayaan perbankan melalui hak tanggungan mencapai Rp 4 miliar,’’ kata Kasubbag TU BPN Magetan Nunuk Sugipatmintari kemarin (12/3).

Mayoritas penerima program PTSL, SHM yang sudah mereka miliki selanjutnya memang langsung dijadikan sebagai jaminan untuk mengajukan pembiayaan ke bank. Setelah itu, modal yang didapat digunakan untuk menjalankan UMKM. ‘’Kami tidak mempersoalkan kalau mereka mengajukan pembiayaan dengan jaminan SHM dari program PTSL tersebut. Tapi, harus disesuaikan dengan rasio penghasilan,’’ ujar Nunuk.

Keberadaan sertifikat hak tanggungan (SHT) itu memang sedikit membantu warga. Supriyanto salah satunya. Warga asal Ngariboyo itu mengungkapkan bahwa dana yang diterima dari hasil menggadaikan sertifikat tersebut membuat dirinya bisa mengembangkan usaha ternak ayam. ‘’Jadi, usaha kami terbantu dengan adanya PTSL tersebut,’’ katanya. (mgd/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close